June 17, 2010

hayoo! BUKA MATAMU untuk membaca ini, hanya 5 menit saja lho.

sebagian besar orang mungkin enggak begitu tertarik begitu mendengar bacaan atau note yang berisi tentang keadaan Palestina saat ini. entahlah, mungkin sudah bosankah? atau merasa itu bukan urusan anda? yayaa, emang yee, segala sesuatu yang serius dan membawa kita ke suatu hal yang benar dan baik biasanya kurang diminati dibandingkan sesuatu yang hanya haha-hihi aja.

saya akuin, kadang pun saya lebih memilih untuk membaca hal-hal yang ringan dan membuat saya senang. tapi, coba deh sekali-kali luangin sedikit waktumu untuk melihat ke hal-hal yang terlihat sepele dan bukan masalah bagi kalian untuk saat ini karena kalian belum merasakannya. karena, seringkali manusia hanya melihat apa yang ada di hadapannya saat itu, dan lupa bahwa di luar sana masih banyak hal yang belum ia ketahui. padahal, bagian kehidupan itulah yang benar-benar dinamakan kehidupan. bagian itulah yang sebenarnya bisa membuat kita menjadi lebih dewasa.

note ini saya ambil dari salah satu facebook teman saya, Intania Rahmasani yang juga dia ambil dari note salah satu temannya. dari sekian banyak berita dan bacaan yang pernah saya baca tentang Palestina, baru sekali saya benar-benar menangis dan tersadarkan kalau saya enggak ada apa-apanya dibanding rakyat Palestina. seandainya saya mati saat ini, hmm, saya yakin kalau saya berada di antrian terbelakang untuk masuk surga. karena melihat begitu hebatnya rakyat Palestina ini.







=====================================
(inilah kenapa keluargaku membela palestina)
http://www.facebook.com/note.php?note_id=403483443889

sebelum kita bahas alasannya,kita lihat dulu bagaimana peta israel-palestina dari masa ke masa

keterangan: yang putih tanah israel, yang ijo tanah rakyat palestina

Dulu tanah israel cuma seupil. dengan agresinya, sekarang malah jadi tanah palestina yanng seupil. awalnya dulu israel datang ke palestina setelah peristiwa hollocaust, inggris ngasih orang yahudi tempat di palestina. Israel nyampe palestina ngerasa ga puas sama wilayahnya, mulai dari situ terjadinya konflik.

melihat konflik itu, PBB membagi wilayah palestina menjadi dua. sayangnya pembagian ini tidak adil, 55% tanah buat palestina buat warga israel, dan sisanya 45% buat warga pribumi. padahal warga israel di palestina itu cuma 7% lho

Sehari sebelum habisnya perwalian Inggris di Palestina, para pemukim Yahudi memproklamirkan kemerdekaan negara Israel (catatan: kemerdekaan pale lo??negara lo aja bukan ) . Mereka melakukan agresi bersenjata terhadap rakyat Palestina yang masih lemah, hingga jutaan dari mereka terpaksa mengungsi ke Libanon, Yordania , Syria , Mesir dan
lain-lain.

Hal ini yang memicu peperangan 6 hari yang terkenal itu. negara2 tetangga palestina melawan israel karena israel mulai duluan.perang dimenangkan oleh israel, yang membuat dia semakin semena2 . warga palestina banyak yang diusir dari rumahnya, camp pengungsi makin banyak.

dan tau apa yang dilakukan israel?mereka membunuh pengungsi itu!
ini daftar kekejamannya :
1. camp pengungsian khan yunis, 130.000 palestina ngungsi disana. israel ngebom camp itu
2. Tempat pengungsian PBB, di Lebanon dihancurkan atas perintah Simon Peres, 100 jiwa menjadi Syuhada. Selama pembantaian di Qana, kekuatan pendudukan Israel menganggap bayi-bayi yang tengah terlelap pun sebagai musuh mereka dan membunuh mereka tanpa ragu.



3. Pada tahun 1994 seorang Yahudi fanatik, dr Baruch Goldstein, menyerang Mesjid Ibrahimi, Hebron selama waktu sholat subuh, membunuh 40 orang dan melukai seratus lainnya. Peristiwa ini menjadi sampul depan majalah Time. (bayangkan betapa kejinya?orang sholat yang gak bisa ngelawan ditembakin. betapa pengecutnya mereka )


4. Pada saat pembantaian Sabra dan Shatilla, 14.000 orang (termasuk 13.000 orang sipil tak bersenjata) meninggal di tempat itu dalam beberapa minggu, dan sekitar setengah juta orang kehilangan tempat tinggal. Sebagian besar wanita yang terbunuh itu telah diperkosa. Para wanita hamil dirobek perutnya sehingga bayi-bayinya bisa direnggut keluar. Anak-anak sekitar 3 atau 4 tahun dibunuh di depan orang-orang tuanya. Kebanyakan lelaki dipotong telinga dan hidungnya sebelum ditembak mati


nah itu jaman dulu, banyak kecaman dari dunia, tapi israel tetep cuek bebek. seperti kata status mas dadiq (seniorku di FK airlangga) "Dalam sejarahnya, mereka berani mengkhianati dan membunuh Nabi mereka sendiri. Jadi kenapa mereka takut dikritik masyarakat internasional karena membantai ratusan sukarelawan?"

oke, sekarang masuk ke inti cerita. kenapa keluargaku membela palestina?nah ceritanya ini dimulai dari saat ayahku ikut jadi dokter sukarelawan saat agresi gaza tahun 2009 (kalo gak salah). pulang dari sana, ayahku membawa segudang cerita, dan juga foto2 dan video. disana ayahku melihat bagaimana kejamnya israel, merekan ngebom tempat2 ibadah,masjid,gereja, rumah sakit, bahkan TK. dulu mah aku cuek2 aja masalah palestina, jujur aku dulu juga termakan omongan media. hamas teroris, dll. tapi ayo kita lihat jejak kekejaman israel disana, dan buktikan siapa yang sebenarnay teroris

lihat, bahkan gambar warna-warni khas sekolah TK masih ada. mikir apa sih mereka?anak2 TK yang gak berdaya dibunuh dan sekolahnya diancurin
universitas juga dibom, padahal disini ada laboraturium canggih
quran dirobek dan dicoret2

dan yang paling keji adalah bom fosfor. bayangin aja, ayahku lihat ada lantai kayu setebal 5 centi, yang kena percikan bom fosfor. dan lantai kayu itu meleleh, itu cuma percikannya aja lho. bayangkan gimana kalo kena manusia?manusia itu gak punya dinding sel kaya kayu. daripada cuma bayangin, yuk lihat gimana korban bom fosfor

yak kamu ga salah liat, itu tulang tibia
ini korban yang berada di pusat ledakan bom fosfor. gak berbentuk lagi

ayahku sempet ketemu saksi hidup dari bom fosfor. beliau adalah wanita yang kena sedikiiiiiit sekali percikan bom fosfor dan dia waktu kena itu jauh banget dari pusat ledakan.jadi wanita itu datang ke rumah sakit, ada asap mengepul dari lukanya. lalu sama dokter2 lukanya dibasuh sama cairan infus fisiologis PZ, sampe habis 10 botol infus, mulailah agak redaan asap yang mengepul. lalu ditutup deh lukanya, sebelumnya dikasih salep pendingin juga, aku gak tau namanya apa, maklum belum dapet farmakologi.

semalaman wanita itu terus mengerang2, padahal udah dikasih morfin lho. morfin adalah penghilang nyeri dosis tinggi. biasanya kalo pasien udah dikasih morfin, nyerinya akan berkurang jauh banget. akhirnya dokter2 membuka lagi perban yang membalut lukanya, takutnya ada apa2. ternyata setelah dibuka, percikan bom fosfor tsb masih bereaksi, masih mengepul dan membakar daging wanita tsb sedikit2 (soalnya percikannya emang dikit, jadi bakarnya juga dikit2, tapi justru itulah yang menyiksa kan?)

satu lagi bom keji yang dipake israel, yaitu bom dime. bom dime adalah bom yang berisi serpihan logam dengan berat jenis yang tingi, saat bom itu diledakkan, serpihan2 kecil logam itu melesat dengan kecepatan tinggi. mengoyak daging yang terdekat. pernah nonton ghost ship?disana ada adegan orang dibunuh dengan tali yang bergerak cepat kan?dikisahkan bagian tubuh yang dilewatin tali itu langsung terpotong. nah, bayangkan kalo yang melesat itu adalah serpihan2 kecil kaya pasir, pasti dagingmu akan hancur kecil2. dam karena berat jenisnya berat, bom itu gak bakal loncat jauh2.jadi misalnya bom itu digeletakin di tanah, bom itu hanya akan menghancurkan kaki saja, gak sampe kepala. ini liciknya israel, mereka bikin rakyat gaza cacat, tapi tidak mati

lukanya masih baru
korban bom dime lain. yang ini lukanya sudah dibersihkan, tapi beliau jadi cacat seumur hidup :'(

sekarang kita liat, kekejaman israel pada anak bayi

bayi ditembak dengan snipper jitu

Dan ini adalah apa2 yang dipelajari ayahku dan rombongannya selama ada di gaza.
1. sangat religius
di rumah sakit tempat rombongan ayahku kerja, semua dokter dan paramedis yang muslim punya quran di mejanya, selalu dibaca tiap ada waktu luang.yang kristiani juga gak kalah religius juga



2. bangga akan kesyahidan
dalam ajaran islam, bila seseorang mati karena mempertahankan haknya, maka orang itu syahid. hak disini termasuk harta benda, tanah air, kehormatan. dulu saat kita jaman penjajahan, orang yang membela tanah air pasti dibilang "pahlawan" kan?nah sama kaya di gaza sekarang, mereka bangga bila keluarganya ada yang meninggal karena membela tanah airnya, misalnya mempertahankan rumahnya, terus ditembak sama israel. sampe dibikin poster

kira2 isi poster itu gini : telah syahid ayah kami( atau tergantung siapanya yang meninggal) disini. dia mempertahankan rumah kami, lalu tentara israel membunuhnya

mungkin banyak yang skeptis. kenapa sih segitunya?padahal cuma berbekal salah satu ayat dari quran aja?jawabannya, karena disana banyak bukti2 bahwa orang-orang yang syahid itu memang sebuah cara meninggal yang baik. disana orang yang syahid kebanyakan mati dengan senyum, darahnya wangi, bahkan ada salah satu kuburan syuhada yang sudah dikubur 3 thn, tidak sengaja tergali dan syuhada tsb masih utuh, darahnya masih mengalir. subhanallah


lalu disana mayat2 para syuhada itu wangi. wanginya gak nusuk hidung gitu, wanginya lembut dan menenangkan.rombongan ayahku juga berkesempatan mengunjugi rumah alm. ahmad yasin, seorang tokoh kemerdekaan yang syahid dengan cara di-bom. israel membom beliau saat beliau mau sholat subuh di masjid, padahal beliau sangat lemah, beliau lumpuh dan sudah tua. di rumah alm. ahmad yasin, ada kursi roda beliau, yang bentuknya sudah gak karu2an, ada baju yang dipakai beliau waktu kesyahidannya. dan baunya wangi, padahal gak dicuci lho sejak kematian beliau, apalgi dikasih pewangi.tapi wangi itu tetap ada, menyebar ke seluruh ruangan walaupun sudah bertahun-tahun sejak kematian beliau


3. tingkat stress yang rendah
walaupun sudah dibombardir dak karuan sama israel. tingkat orang sakit jiwa disana sangat rendah, cuma ada 1 RSJ dengan pasiennya cuma 18 orang

4. sangat memulyakan tamu
hal ini dirasakan rombongan ayahku, beda banget pas di kantor imigrasi mesir sama kantor imigrasi gaza. di mesir relawan2 (banyak relawan dari berbagai negara saat itu) dipersulit masuk gaza. mungkin teman2 lihat berita, saat itu truk2 bantuan makanan dari seluruh dunia sampe ngantri panjang di gerbang perbatasan mesir-gaza. pokoknya di mesir petugasnya sinis, gak bersahabat. beda banget ketika udah sampe kantor imigrasi gaza, rombongan ayahku dihidangkan makanan, dipeluk. pokoknya suasananya hangat, kaya kalo ketemu saudara yang udah lama gak ketemu


disana orang gak mental pengemis. bahkan saat rombongan ayahku diajak tour keliling gaza, melihat2 bangunan yang rusak, petugas yang nganterin itu sama sekali gak bilang "yah, jadi inilah keadaan negeri kami. mohon bantuannya ditransfer ke rekening sekian sekian".

salah satu teman ayahku juga pernah ketemu seorang anak penjual minuman. temen ayahku itu kasihan sama anak itu, akhirnya mau dikasih duit. anak itu ngomong dengan nada marah dan menatap tajam "maaf pak, saya ini jualan, bukan pengemis"

rombongan ayahku juga pernah ketemu seorang janda, dia anaknya banyak dan suaminya meninggal karena agresi israel (suaminya warga sipil biasa lho). karena kasihan, rombongan ayahku mau ngasih duit ke janda itu. tapi janda tsb nolak "saya sudah mendapat santunan dari pemerintah HAMAS. itu cukup bagi saya"

6. memulyakan pendidikan
disana pendidikan gak main2. disana ada fakultas teknik, kedokteran, dll lho. dan jumlah dokter juga banyak. anak2 SD disana pun lgs sekolah setelah agresi berhenti(pas itu kan ayahku dan rombongan kesana waktu genjatan senjata), ya mereka langsung sekolah. gak ada kata males2an, libur dulu, nunggu sekolah selesai dibangun, dll
brgkt sekolah


sepanjang jalan, saat rombongan ayahku ketemu orang-orang gaza, mereka cuma menitipkan satu pesan sama ayahku dan rombongan "tolong beritahukan pada semua orang di negaramu tentang keadaan kami disini yang sebenarnya. kami tahu media memberitahukan hal yang salah tentang kami. karena semua media2 besr dunia dikuasai oleh orang yahudi"

rakyat gaza mencintai hamas.hamas menang mutlak pada pemilu tahun 2006, mendapat suara 65%. saat pemilu, israel mendatangkan lembaga-lembaga pengawas pemilu terbaik dari luar negri. ternyata hamas menang secara sah dan demokratis.karena hamas adalah satu-satunya organisasi kemerdekaan yang masih sungguh2 mempertahankan tanah airnya. akhirnya israel pun 'menghukum' rakyat gaza, air dan listrik dikurangi, diberi tembok tebal. diharapkan dengan ini rakyat gaza akan benci sama HAMAS dan menggulingkan kekuasaan hamas, tapi nyatanya sampai saat ini juga gak digulingkan kan?itulah bukti mereka cinta sama HAMAS. hamas disana itu memerintah dengan ideal lho, berobat gratis semua, dan semua warga yang kehilangan keluarga mendapat santunan.

oh ya, ada satu lagi issue. bahwa hamas menggunakan tameng anak2 saat melawan israel. kenyataannya?kebalik coy, justru israel memakai tameng anak2 saat mengancam pasukan hamas agar keluar dari persembunyiannya.parahnya, anak2 itu tadi juga pada akhirnya dibunuh.


kalo emang hamas semena2, kenapa rakyat gaza gak protes??kalo emang dia memerintah semena2, kejam sama rakyat gaza, menggunakan rakyat sebagai human shield, pasti rakyat gaza akan memberontak. tapi nyatanya nggak tuh. rakyat gaza cinta sama hamas, itulah kesaksian mereka

di media banyak juga orang2 yang bilang bahwa hamas melatih militer secara paksa kepada anak2. padahal nggak, anak2 disana ikut secara suka rela kok.kalo yang gak mau ya gpp. seperti yang aku bilang sebelumnya, disana orang-orang berlomba-lomba menjadi pahlawan, makanya banyak yang mau masuk latihan militer hamas. kenapa beberapa dari kita ada yang ngatain teroris?terorisan mana sama sekelompok tentara pengecut bersenjata lengkap yang beraninya ngeroyok satu anak kecil bersenjatakan batu?

terus ada masalah lagi yang diperdebatkan, menyatakan hamas teroris. yaitu bom bunuh diri. asal tahu aja ya, di keadaan sebenarnya, hamas tidak pernah melancarkan roket dan bom bunuh diri ke kawasan pemukiman israel. selalu diluncurkan di bagian militer israel. kalaupun ke pemukiman, roket itu gak ada isinya. cuma gede suaranya doang, kaya kembang api gitu deh. kalaupun ada yang meninggal paling parah 1-2 orang aja dan itu jaraaang banget,gak setiap peluncuran roket ada korbannya.orang israel yang bunuh diri karena stress jumalahnya jauuuuhhh lebih banyak dari korabn roket itu sendiri. kenapa stress??diliat dari gambar2 atas juga tau kan?israel adalah bangsa yang pengecut bgt, mereka sangat takut mati. denger roket2 hamas yang kaya gitu, stress deh mereka, terus bunuh diri. jadi roket hamas itu tidak mencederai tapi efektif memporak porandakan kejiwaan israel. hal ini tentu saja gak berani diekspos ke media, malahan israel bikin berita bahwa negaranya itu sejahtera, punya harapan hidup yang tinggi. kenapa?karena biar orang2 yahudi yang tercerai berai di seluruh dunia itu mau balik ke israel, kebanyakan dari mereka mah ogah2ah suruh balik ke israel.

terus masalah bom bunuh diri, apa yang salah dari strategi bom bunuh diri?strategi ini juga digunakan sama pasukan jepang kok, dulu jepang punya pasukan harakiri. pasukan yang meledakkan diri dan pesawatnya ke pangkalan musuh (buat yang kuliah di FK airlangga mungkin masih inget pelajaran kewiraan, pak daryoko pernah cerita tentang pasukan harakiri itu). lagian sekali lagi, kalo bom bunuh diri, hamas gak meledakkan bom bunuh diri itu di pemukiman, mereka kan ngeledakinnya ke militer israel.

dan apa yang dilakukan israel?mereka membom warga sipil yang tak berdaya. yang sedang tidur di rumah mereka.dan mereka bunuhnya gak main2, mereka pake senjata yang menyakitkan. senjata2 yang sudah dilarang dipakai karena terlalu mengerikan. seperti bom fosfor dan bom dime.sekarang siapa yang teroris coba??

semua pembelaan tadi bukan dari internet, bukan dari berita, bukan dari youtube, wikipedia. tapi dari kesaksian warga gaza sendiri.warga gazanya itu bener2 warga sipil, bukan pejuang hamas. aku gak tau kalian gimana, tapi aku lebih percaya sama kesaksian rakyat gaza dibanding media yang bilang hal2 sebaliknya.karena media udah dikuasai yahudi.

ada yang bilang "ada bukti videonya kok kalo hamas pake tameng anak2 di youtube". sekarang apa youtube itu valid?semua orang bisa masukin video ke youtube, amerika aja bisa bikin film 2012,masa israel gak bisa bikin video pendek berdurasi maksimal 10 menit lalu mneyebarkannya di youtube?

ada juga yang bilang "ada buktinya kok di wikipedia",,jyahh, wikipedia, semua orang bisa mengedit wikipedia. aku aja bisa kok, bahkan kalo di FK, wikipedia gak boleh dijadikan sumber, karena ketidak validannya itu.

sekarang bayangkan saja, gimana kalo kita dijajah belanda. kita mau melawan, mempertahankan tanah air kita, hak kita. lalu beberapa orang ngatain kita teroris karena belanda punya akses ke media2 besar dunia sehingga bisa memutarbalikkan semua fakta yang ada. bagaimana perasaan kita?

lihatlah kesombongan orang israel saat ditanya apakah kalian tidak takut reaksi dunia yang sekarang pada nentang israel.
juru bicara Israel, Tzipora Menache, menyatakan," kami sangat tidak kawatir, akibat negative dari operasi militer ‘Cast Lead’, terutama bagi sikap pemerintahan Presiden Barack Obama. Tzipora menambahkan dengan nada yang sangat sombong : “Anda tahu, dan Amerika juga sama-sama tahu, bahwa kami mengontrol Gedung Putih, siapapun yang duduk di Gedung Putih”, tambah Tzipora. Selanjutnya, juru bicara Israel itu, menegaskan : “ Anda lihat, tidak ada presiden yang berani, melawan kami”. Menache itu, tidak segan-segan menyatakan pandangannya, bahwa ‘Apa yang bisa mereka lakukan terhadap Israel? Kami mengontrol kongres, kami mengontrol media, kami mengontrol dunia, dan kami mengontrol semua kekuasaan yang ada di Amerika”, tambah Manache. Maka, bagi Israel sekarang ini, tidak ada satupun Negara di dunia, yang dapat menghalangi tindakan yang biadab dan barbar itu, bahkan lembaga multilateral semacam PBB, yang sudah mengeluarkan resolusi, tak diacuhkan oleh rejim Zionis-Israel, dan pembantaian di Gaza terus berlanjut.

"bahwa penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan"

. so saat seseorang bertanya

"ngapain sih repot2 ngurus palestina?indonesia aja belum bener"

maka akan kami jawab

"kenapa harus ngurusin satu kalo bisa ngurus dua-duanya. anda sendiri, memangnya apa yang sudah anda lakukan untuk indonesia?"

===============================================================

tadi pagi gw terenyuh

“Dan Tuhanmu tidak akan membinasakan negeri-negeri secara dzalim, selama penduduknya orang-orang yang berbuat kebaikan” (QS Hud 117).

ayat ini ngebuat gw mikir, jelas aja palestina ga kalah2, dari cerita diatas, belahmananya penduduk palestina yang ga berbuat kebaikan?ikhlas berperang atas nama kemanusiaan, kemerdekaan, dan Islam. dan bandingin sama negeri kita, yang banyak banget dikasi bencana sebagai peringatan.

guys, hidup itu singkat, sesingkat2nya, kita mungkin ga pernah dihadapkan dengan permasalahan serupa, tapi coba kita mikir, kalo parameter syurga Allah itu adalah perjuangan rakyat palestina, bisa2 kita disini yang boro2 berperang secara fisik (belajar aja males), bakalan masuk surga urutan keberapa?atau malah kita ga akan masuk? *naudzubillah*

intinya gw pengen mengingatkan, kalo kalian di tempat kalian masing2 merasa lelah untuk berjuang, ingatlah rakyat Gaza, mereka ga pernah lelah. percayalah, kita ga ada apa2nya dibandingin perjuangan mereka

“Dan bersabarlah, karena sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang yang berbuat kebaikan” (QS Hud 115)

*disitulah letak arti kata perjuangan.karena memberi bukanlah usaha kecil membalikkan telapak tangan.maka memang benar bahwa kamu tidak boleh beristirahat. dan tidak ada waktu untuk sang lelah menghembuskan nafas.karena ruangan itu telah penuh dengan perjuangan. dan peristirahatan hanya berarti kematian*

terus berjuang guys. sampai titik darah penghabisan. sampai kebenaran ditegakkan di muka bumi ini

*be ashamed to die until you have won some victory for Islam*


1 comment:

  1. Kak Ozu, kenapa bebrapa post tahun terakhir gak post seperti ini lagi? padahal menurut saya bagus, agar berita ttg palestine tentang saudara kita sesama muslim diluar sana bisa secara terbuka tersebar disini (Ind). :)

    ReplyDelete