June 10, 2010

ini cara saya. kalau kamu?

selama ini gw berusaha untuk selalu bersemangat dan engga menghiraukan perasaan males gw untuk mengerjakan 6 buah laporan yang menjadi inti kerjaan gw selama 2 bulan gw kerja praktek. seharian di depan laptop, dan enggak ada pengawasan apapun terhadap progres laporan yang gw buat tanpa adanya rasa semangat dan melawan kemalasan dalam diri gw, bisa aja gw seharian kerjaannya hanya internetan haha hihi aja. tapi selama ini gw engga mau kaya gitu. gw anggap ini sebagai pelajaran kalau gw engga boleh menunda-nunda pekerjaan walaupun batas pengumpulannya masih lama. dan itu berhasil selama gw kp saat ini.

tapi....hari ini beda.

pagi-pagi kepala gw pusing banget. sial. ini semua gara-gara udah tiga hari berturut-turut tidur gw enggak pernah nyenyak. bawaannya gelisah mulu. entahlah. engga ngerti juga gw. padahal gw lagi enggak ada pikiran apa-apa, enggak ada masalah juga. dan akibatnya, selain pusing, gw juga enggak bisa fokus ngerjain laporan. ditambah gw enggak bisa makan apa-apa karena kemaren baru pasang behel, ngebuat ini badan makin lemes aja.
dan...

semua ini semakin diperburuk dengan gw melihat nilai gw semester ini yang turun banget dibanding semester-semester sebelumnya. ahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh. syitmeeeeen. padahal target gw harus naik terus nilai gw setiap semesternya. dan sekarang? semua gagal hancur berantakan. makin aja gw engga mood buat ngerjain tugas kp gw hari ini. bahkan saat ini, sejujurnya gw enggak mood buat melakukan apa-apa. yang saat ini sangat amat gw butuhkan adalah melakukan hal-hal yang mungkin bisa membuat gw semangat lagi. akhirnya gw memikirkan hal-hal yang biasa gw lakukan saat gw lagi bete, enggak semangat dan sedih.

1. mengeluarkan emosi
hal pertama yang bisa membuat gw berpikiran positif dan kembali bersemangat adalah mengeluarkan semua emosi gw. entah itu nangis atau berkeluh kesah ke orang dan sesuatu seperti blog ini. dan untuk saat ini gw udah melakukan hal ini. saat gw tau nilai gw turun, gw langsung cerita ke salah satu sahabat gw yang kebetulan lagi yman sama gw sebelumnya. dengan mendengarkan dan memberikan gw kata-kata yang menghibur gw, hal ini lumayan berhasil untuk meredakan emosi gw. ditambah ada blog ini tempat gw bisa berkeluh kesah, emosi gw semakin bisa menurun. terima kasih buat Raisa Annastasia yang selalu bersedia mendengarkan segala keluh kesah saya dan untuk pembuat blog ini yang bisa membuat gw berkeluh kesah semena-mena tanpa membebankan orang lain.

2. makan cokelat
bener bangetlah dari yang selama ini gw baca-baca di majalah tentang ada kandungan di cokelat (duh, gw lupa namanya) yang bisa menignkatkan mood baik. selama ini saat gw sedih, gw selalu memakan cokelat bahkan saat gw lagi diet pun sebodo amat deh. haha. yaya, karena cokelat ini benar-benar ampuh bagi saya untuk meningkatkan semangat dan mengembalikan mood baik saya. 
untung aja di tempat gw kerja praktek ini ada koperasi, jadinya gw langsung ke koperasi buat beli cokelat. untuk saat ini cokelat ini bukan hanya bisa membantu gw untuk mengembalikan mood gw, tapi juga membuat badan gw enggak begitu lemes karena cokelat ini bisa dimakan dengan keadaan gigi gw yang berkawat saat ini. -____-

3.  dengerin musik favorit
bisa dibayangin deh kalo di dunia ini enggak ada yang namanya musik, pasti banyak orang pada gila karena enggak ada hal yang menenangkan mereka saat mereka stres. 
buat gw, musik itu bukan cuma penenang, meningkatkan semangat, memainkan mood, tetapi juga teman setia gw saat gw lagi sendirian di kosan, bosan di kantor (kaya saat ini) dan penyemangat gw saat gw olahraga.

4.bersyukur + berpikiran positif
semua hal diatas enggak akan berhasil tanpa ada usaha dari dalam diri gw untuk melawan rasa sedih, putus asa dan mood jelek yang ada. bersyukur dengan apa yang gw dapatkan selama ini, bersyukur Allah masih memberikan gw begitu banyak kebahagiaan sampai saat ini yang kalau kebahagiaan itu gw sebutin satu per satu pasti enggak akan ada habisnya hari ini gw mengetik di blog ini buat menuliskan kebahagiaan itu *terdengar lebaykah?haha. tapi ini serius lhoo ;)*. dengan bersyukur, otomatis deh itu pikiran positif pun bakalan ikut keluar dari otak kita. seperti yang saat ini ada di dalam pikiran gw...
kalau dipikir-pikir gw enggak menyesal dengan nilai yang ada saat ini, karena memang selama semester kemaren gw enggak terlalu bekerja keras. saat kuliah gw sering enggak merhatiin, saat uts gw santai-santai dan bahkan saat uas pun gw juga enggak segitunya berusaha. 
itulah yang ada di pikiran gw saat melihat beberapa mata kuliah yang nilainya enggak sebaik nilai mata kuliah yang lainnya. dan emang, nilai-nilai yang lain yang gw mengeluarkan usaha lebih, nilainya pun sesuai yang gw harapkan. jadi enggak ada yang salah kan? semuanya emang berasal dari gw. yang bisa gw lakukan saat ini adalah berusaha lebih besar buat semester selanjutnya supaya nilai gw bisa meningkat lagi. dan sekarang yaudahlah, nikmatin aja 'liburan' ini. masih banyak hal menyenangkan lainnya yang menunggu gw di depannya :)


5. mengoreksi kesalahan
setelah pikiran positif gw itu keluar, biasanya gw mengoreksi kesalahan gw kenapa gw bisa sampai mendapatkan kegagalan ini. karena kata bunda, dibalik musibah atau kegagalan yang kita hadapi itu pasti berasal dari perbuatan kita. dan tiba-tiba gw ingat kalau Allah juga pernah berfirman di Al-Qur'an bahwa setiap kebaikan pasti datangnya dari Allah dan setiap kejahatan pasti datangnya karena manusia itu sendiri. makanya, setelah gw koreksi apa yang salah, pastinya pertama karena gw engga berusaha maksimal dan karena gw menjauh lagi dari Allah setelah kenikmatan yang udah Allah berikan ke gw. gw sadar kalau udah seminggu lebih gw enggak pernah sholat duha, tahajud dan baca Al-Qur'an lagi tiap hari semenjak gw di jakarta. ditambah gw lagi dapet, makin aja gw jauh dari Allah.
ya Allah..maafkan hamba-Mu ini..saya berjanji untuk lebih baik lagi  :)
daaaannn..

HOREEEEY!

mood baik dan pikiran positif itu perlahan-lahan mulai datang lagi ke dalam diri saya..yaa, walaupun masih ada si jelek rasa sedih di hati, tapi yakin deh kalo bentar lagi pasti bisa hilang :D
eh iya, pengen lanjutin aja deh sekalian hal-hal apa aja yang bisa membuat gw bahagia.

6. browsing foto-foto
ini salah satu hal termudah buat meningkatkan mood gw dan menghilangkan rasa pusing gw saat mengerjakan laporan selama gw kerja praktek. haha. parahlah kalo gw udah browsing dari satu website ke website lain buat ngeliat-liat hasil foto orang yang keren-keren bangeeeeeeeet. dalam sekejap udah puluhan foto yang ada di laptop gw. heeee. gimana dongg, abisnya setiap melihat foto-foto yang lucu, keren itu bisa membuat kesenangan gw meningkat terus gw bisa kesenengan sendiri gitu. aneh banget ga sih? haha. tapi di sisi lain, saat gw melihat foto-foto itu, selalu ada rasa iri karena gw belum bisa menghasilkan karya yang banyak di bidang foto.  :(

7. lari
olahraga yang paling gw suka adalah lari. jujur, gw ini bukan tipe orang yang suka olahraga dan paling enggak bisa olahraga apapun. ditambah dengan fisik gw yang lemah. tapii, gw cinta banget sama lari. terutama lari pagi di Sabuga, saat masih belum banyak orang. karena banyaaaak banget hal positif yang gw dapetin dari lari ini. selain bikin badan gw sehat, meningkatkan rasa positif dan optimis dalam diri gw dan ditambah dengan bisa melonggarkan baju-baju gw. hahaha..tapi yang paling gw suka adalah lari itu bener-bener ngebuat gw sehat dan badan gw segarlah. :))

8. main piano
secapek apapun gw, saat tangan gw memainkan piano dan gw berhasil memainkan setiap lagu dengan baik, rasa capek gw pasti langsung hilang dan enggak akan kerasa tiba-tiba udah satu jam aja gw main-mainin jari di tuts hitam putih itu ;)

naahhh, ini kan cara gw buat meningkatkan semangat dan menyenangkan diri gw. dan gw yakin pasti tiap orang punya caranya masing-masing buat menyenangkan diri mereka sendiri. pokonyaaa, jangan pernah menggantungkan semangat diri lo kepada apa dan siapapun. karenaaa, yang benar-benar bisa membuat diri kita bahagia, yaa cuma kita sendiri. keluarga, teman, pacar, barang, keadaan itu hanya faktor-faktor pendukung yang bisa membuat kita bahagia. :)



No comments:

Post a Comment