June 04, 2010

mahasiswa kantoran di Ibukota

YEAAAHH, postingan pertama niiihh. sebenernyaa sii gw engga pengen postingan pertama gw isinya tentang ini, tapii berhubung saat ini yang ada di pikiran gw hanya menceritakan pengalaman  kerja praktek yang sedang gw jalankan saat ini, jadinya yaa gw memutuskan buat menjadikan cerita tentang pengalaman pertama gw menjadi 'orang kantoran' ini sebagai postingan pertama gw.

hari ini udah masuk hari keempat gw menjalankan kerja praktek di Bappenas.hmm, sebenernya Bappenas ini bukan target awal gw untuk tempat kp gw, bahkan engga ada tuh niat gw buat ngelamar kp di Bappenas. alasannya simpel, saya tidak suka bekerja di kantor pemerintahan. entahlah, tapi dari dulu pikiran gw selalu berorientasi untuk bekerja di perusahaan swasta. mungkin karena gw sering mendengar cerita-cerita kalo di kantor pemerintahan itu kerjaannya suka engga jelaslaah, seenaknya datang dan pulang jam berapa, intinya sii kayanya di pemerintahan itu kerjaannya kurang okelah dibanding swasta.
daan ternyataa, sampai setengah bulan sebelum kp, perusahaan-perusahaan yang gw ajukan lamaran kp sebagian besar belom memberi kabar tentang kejelasan apakah lamaran kp gw diterima atau engga. karena gw engga mau mengambil resiko buat menunggu lama-lama jawaban yang belom pasti gw bakalan diterima di perusahaan-perusahaan itu, akhirnyaa gw mencoba melamar di Bappenas, walaupun jujur saat itu gw masih berharap banget yang menerima gw bukan Bappenas tapi salah satu perusahaan swasta itu.hehe
seiring berjalannya waktu akhirnya ditemukanlah jawaban dari takdir gw bahwa gw kp di Bappenas. hmm, baiklah. gw engga akan menyesali ini. karena gw menganggap pasti selalu ada hikmah dari semua takdir gw. *lebay* hehe.

lalalalala, dan tibalahh hari dimana gw akan melakukan kerja praktek gw di Bappenas.

Hari 1.
Mba Ira : Put, kamu udah buat presentasi yang ditugaskan sama Pak Heri sebelum mulai kp?
Saya : Udah mbak. hari ini presentasinya ya mba?
Mba Ira : Iya, tunggu pak Heri nya datang ya
Saya : Oke. terus tugas saya sekarang apa mba?
Mba Ira : cari-cari artikel di internet dulu aja tentang pembangunan Rusunawa di Indonesia saat ini
Saya : Oke mba!
beberapa menit kemudian..
Saya : Mba, kok internetnya engga bisa ya?
Mba Ira : emang suka gitu, coba tanya Pak Yono aja..
beberapa menit kemudian...zzzzzzzzzz..internetnya engga bisa. pake wifi, pake kabel lan, dan hasilnya nihil.
kesan hari pertama gw : geje, makin geje tanpa internet, kok jam 5 lama banget yaaaaaaaaaa?grrrr. untung ada Hyra, Anggun dan Dityo, jadinya ada temen yang sama-sama geje.hehe. oh iya, nampaknya orang-orang di direktorat ini menyenangkan :)


Hari 2.
Mba Ira : Put, yuk pergi buat rapat bareng di Menpera.
yeaaahhhh.  lumayanlah daripada geje di kantor. toh, ternyata rapatnya juga menarik *setidaknya engga membuat gw mengantuk* 

Hari 3.
Presentasi rencana kerja praktek.
hmmm, keliatannya masih jauuuuhhh dari kata baik. terlihat dari kritikan bapak-bapak pembimbing terhadap presentasi kita berempat. hmm, baiklaah. pelajaran tambahan tentang cara berpresentasi dan menampilkan presentasi yang baik.
huaah. pastinyaa beres presentasi rasanya lega, laper, pusing, smua jadi satu.
dan engga lama kemudian..
Mba Ira : *menjelaskan tugas gw saat ini dan 2 bulan ke depan*
huaaaaaaa. beda banget sama dua hari kemaren yang masih santai. hari ini pulang-pulang badan lemes banget, kepala kerasa berat banget. baru deh ngerasain gimana capeknya jadi orang kantoran.

baiklaah, nampaknya engga akan ada kata geje lagi untuk 2 bulan ke depan. kelihatannya hanya ada 2 kata yang siap-siap menunggu saya. sibuk dan stres.

KESIMPULAN :
  • pandangan gw berubah. di kantor pemerintahan itu engga semuanya santai dan kerjaannya ga beres. buktinya di direktorat tempat saya kp ini orang-orangnya cerdas semua dan mereka terlihat sibuk mengerjakan kerjaan mereka dari pagi sampe sore.
  • kehidupan kantor engga sehat. bayangin aja yaa, dari pagi jam 8 sampai jam 5 kerjaannya duduk di depan laptop, jalan-jalan cuma saat ngambil air putih yang hanya beberapa langkah saja, saat melangkah ke tempat makan siang bersama dan beberapa langkah menuju toilet dan musholla. selebihnya... selamat datang laptop dan kursi kantoran. *engga kebayang deh dari Senin-Jumat kaya gini mulu tanpa olahraga. yang ada badan makin lemes, makin cepet pusing dan makin gendut. huaaaaaaaaa*
  • Planologi memang bukan jodoh yang tepat buat gw. ini benar-benar sesuatu yang bukan gw mau dan saat menjalankannya, gw engga sepenuhnya senang dan engga juga setertarik dan seniat itu buat mendalami bidang ini.
  • bersyukur dapet KP di Bappenas. terutama di bidang dan proyek yang gw pegang saat ini karena lingkungannya menyenangkan, orang-orangnya baik dan mau membimbing, kerjaannya jelas dan masih membuat gw tertarik. hehe. yaah, semoga semuanya lancar sampai akhirr..amiinn :)

No comments:

Post a Comment