December 02, 2016

Pelajaran Seperempat Abad #6

Diantara berbagai pelajaran yang saya dapat selama hidup saya, bagi saya yang satu ini yang paling sulit untuk saya terima. Menerima bahwa hidup pada dasarnya memang selalu berubah dan akan terus mengubah kita - suka atau enggak suka. Pertama kali saya sadar dan merasa sangat kecewa ketika mengetahui bahwa hidup akan terus berubah, saya memutuskan untuk mengubah diri saya dengan menjadi orang yang terus melakukan perubahan. Saya mengubah diri saya untuk enggak membiarkan diri saya terlalu merasa nyaman dengan segala sesuatu di luar dari diri saya sendiri. Saat itu dengan harapan bahwa saya enggak akan merasa dikecewakan lagi karena saya mengikuti apa yang hidup inginkan.


Perlahan - lahan saya menjadi sosok orang yang terbiasa dengan perubahan dan menjalani hidup saya secara tidak tetap. Saya enggak bisa mengatakan secara pasti bahwa saya menyukai ritme hidup yang seperti itu. Tapi satu hal yang selalu saya coba untuk yakini ke diri saya adalah menjalani hidup secara monoton dan melakukan rutinitas dalam jangka panjang, bukanlah sesuatu yang bisa membuat saya bahagia. Menghabiskan waktu terlalu lama dengan orang, lingkungan, dan hal yang sama bukanlah suatu yang baik. Karena pada akhirnya hanya membuat saya menjadi lemah karena pasti saya akan bergantung dengan mereka. Sebaliknya, saya menemukan semakin banyak manfaat dan kebaikan bagi diri dan hidup saya melalui berbagai perubahan yang saya jalani; yang saya tau bahwa enggak akan pernah saya dapatkan jika saya hanya melakukan hal yang sama dan menetap di tempat yang sama. Karena tanpa berubah, kita enggak akan bisa berkembang. Makanya saya mengubah diri saya cukup jauh dari diri saya yang dulu. Saya sekarang sangat jauh berbeda dari saya saat sepuluh tahun yang lalu, terutama karena selama lima tahun terakhir ini saya melakukan perubahan secara terus menerus dan cenderung lebih cepat dari biasanya. Baik hal yang tampak maupun tidak, baik yang saya sadari maupun tanpa disadari, baik yang hanya berdampak ke dalam diri saya maupun ke lingkungan sekitar saya. Perubahan tersebut akhirnya membuat saya merasa bahwa saya enggak bisa lagi hidup secara settle. Bahkan saat itu saya mempertanyakan tentang orang - orang yang bisa bertahan untuk menghabiskan hidup mereka dengan hal yang sama selama bertahun - tahun, dan bahkan sepanjang usianya.


But life is always full of surprises. Boom! Karena sebenarnya dengan saya terus berubah dan mengubah hal - hal dalam hidup saya, saya hanya mencoba lari dari kenyataan bahwa sampai kapanpun saya enggak akan pernah bisa mengontrol hidup saya sepenuhnya. Di tahun ini, di penghujung usia saya saat ini, akhirnya saya mampu memahami posisi mereka yang memutuskan untuk menghabiskan hidup mereka dengan hal yang sama. Entah karena saya sedang merasa lelah dengan perubahan dalam hidup saya yang terjadi terus - menerus, sehingga saya mengalami kebosanan dengan perubahan itu sendiri. Entah karena belakangan ini ada beberapa hal yang terlalu cepat berubah sehingga membut saya lelah untuk menjalani, menghadapi, dan menerima berbagai perubahan tersebut. Entah karena saat ini saya sedang kehilangan keseimbangan saja. Entah karena memang tabiat manusia yang pada akhirnya akan mencapai satu titik dimana butuh sesuatu yang 'tetap'. Entah memang hidup memang berjalan seperti itu; berubah dan mengubah kita, bahkan di saat kita sudah 'mengikuti' ritme hidup yang terus berubah.

No comments:

Post a Comment