Pelajaran Seperempat Abad #2

Entah udah berapa ratus orang yang kaget dan menanyakan alasan mengapa diantara berbagai jenis pekerjaan yang tersedia di dunia ini, saya memilih untuk menjadi dosen. Saya juga sempat beberapa kali ditanya (yang walaupun sambil bercanda tapi saya tau mereka pasti beneran penasaran, haha!) oleh teman - teman saya mengenai gaji yang saya dapatkan sebagai dosen. Lebih dari itu, saya juga sempat dinasehati langsung oleh beberapa orang (yang jelas bukan dari orangtua dan orang - orang terdekat saya), bahwa menjadi dosen itu enggak mudah karena harus melalui perjuangan yang berat serta gaji-nya yang kecil yang enggak bisa mencukupi biaya hidup serba mahal saat ini. Namun belum pernah sekalipun saya menjawab alasan sebenarnya mengapa empat tahun yang lalu saya memutuskan untuk menjadi dosen dan mengapa sampai detik ini saya masih belum ada sedikitpun kepikiran untuk mengganti pekerjaan utama saya ini.


Saya enggak mau menutupi bahwa saya sempat mengalami masa dimana saya krisis finansial terutama di awal saya menjalankan pekerjaan ini; sesuatu yang mungkin enggak dirasakan oleh teman - teman saya yang bekerja di korporasi dengan gaji puluhan juta. Saya juga enggak mau bohong bahwa ada kalanya saya merasa minder saat melihat beberapa teman saya mendapatkan berbagai fasilitas 'mewah', bisa keliling Indonesia dan dunia secara gratis karena dibayar oleh perusahaan tempat mereka bekerja, serta masih ada beberapa alasan lainnya yang membuat saya minder dengan pekerjaan saya sebagai dosen. Dan akhirnya di usia ini, saya enggak lagi merasa malu atau minder, karena saya semakin yakin bahwa keputusan saya untuk memilih jalan ini, adalah suatu hal yang benar. Bukan karena saya enggak menyadari segala konsekuensi dari pekerjaan ini. Bukan karena saya merasa udah 'terlanjur basah' masuk ke dalam bidang ini. Tapi justru karena telah melewati proses yang panjang, akhirnya saya menyadari bahwa pekerjaan ini yang paling sesuai dengan hati, keinginan dan tujuan hidup saya. Awalnya saya memang memilih dosen hanya karena sebagai sebuah pelarian, tapi ternyata saya menemukan jawaban sesungguhnya selama empat setengah tahun ini. Selama ini banyak orang menganggap bahwa menjadi dosen artinya memberikan banyak ilmu kepada orang lain. Tapi bagi saya, justru dengan menjadi dosen, rasanya ilmu yang saya dapatkan justru lebih banyak dari yang saya berikan.



Sebenarnya selama menjadi mahasiswa, saya mulai menyadari ketertarikan saya untuk menjadi social researcherDulu sewaktu masih kuliah di Planologi, saya dan teman - teman saya lainnya cukup sering melakukan kunjungan lapangan ke beberapa daerah hingga menginap berhari - hari di rumah penduduk lokal; baik sebagai bagian dari kuliah maupun kegiatan kemahasiswaan. Disitu saya menyadari bahwa ketika ada beberapa mahasiswa lain yang mengeluh dan enggak terlalu menikmati hal ini, saya diam - diam justru selalu bersemangat saat ada kunjungan tersebut dan malah merasa sangat senang bisa melihat dan merasakan kehidupan yang berbeda dari biasanya. Sekalipun sebenarnya masih dalam lingkup Jawa Barat dan sekitarnya, tapi tetap aja enggak mengurangi kesenangan dan kenikmatan saat melakukan kunjungan lapangan tersebut untuk melihat berbagai kondisi daerah dan masyarakat di Indonesia.

Bagi saya, ketika mengumpulkan data untuk penelitian, entah itu melalui observasi, wawancara maupun penyebaran kuesioner; saya enggak melihatnya sebagai suatu beban, melainkan hal yang paling saya tunggu - tunggu. Rasanya ada kesenangan tersendiri saat saya bertemu dan melakukan interaksi dengan masyarakat lokal sambil mengamati perilaku dan cerita yang dimiliki oleh setiap dari mereka. Rasanya selalu menyenangkan untuk mengunjungi berbagai daerah yang belum pernah saya kunjungi, sekalipun yang sulit dijangkau dan terpencil. Dan kali ini bukan untuk tujuan jalan - jalan atau bersenang - senang, melainkan untuk mengetahui karakter setiap daerah yang berbeda satu dengan lainnya. Untuk mengetahui berbagai fakta dibalik penampakkan setiap daerah yang terlihat normal bagi pengunjung, namun menyimpan berbagai cerita menarik yang hanya diketahui saat saya melakukan kunjungan lapangan sebagai peneliti.

Saat kunjungan ke salah satu asrama sekolah yang dikelola oleh pemerintah di suatu kota yang pernah jadi objek penelitian saya

Tapi berhubung saat itu saya masih belum sepenuhnya yakin dengan minat saya tersebut dan masih dalam fase mengeksplore diri, maka setelah lulus dan sambil bekerja di suatu tempat yang masih berhubungan dengan bidang planologi, saya sempat coba - coba apply ke bidang lain yang saya minati. Mulai dari editor majalah, fashion stylist, travel photographer, sampai ke visual merchandiserEntah saya yang terlalu polos atau terlalu bodoh, yang jelas memang akhirnya enggak ada satupun pekerjaan tersebut yang menerima saya, atau bahkan membalas aplikasi saya. Haha! Ya iyalaah, gimana mau diterima, background jurusan S1 saya aja enggak ada yang sama sekali berhubungan dengan semua bidang tersebut :)) Di lain sisi, saya enggak suka bekerja di bidang MT (Management Trainee) yang menurut kebanyakan orang 'lebih aman' dengan jenjang karir yang lebih jelas. Entah kenapa, saya sama sekali enggak tertarik dan enggak sedikit pun kepikiran untuk melamar di berbagai bidang tersebut. Dari pengalaman saya tersebut akhirnya menyadarkan saya banget bahwa melakukan apa yang kamu suka itu memang benar, tapi juga harus realistis dengan kondisi yang ada. Dalam hal ini, saya enggak realistis, bukan hanya karena background saya sangat berbeda dengan apa yang dibutuhkan, tetapi juga enggak ada sedikit pun pengalaman yang pernah saya lalui di berbagai bidang tersebut.

Selain itu saya juga sebenarnya sangat ingin mengikuti program Indonesia Mengajar. Melihat beberapa senior saya yang sempat mengikuti program ini membuat perasaan saya campur aduk antara iri, sedih tapi juga senang. Saya pun enggak mengerti kenapa, tapi perasaan itu selalu muncul saat melihat foto mereka bersama anak - anak muridnya di pelosok daerah di Indonesia; membaca cerita - cerita mereka yang sangat menyentuh dan menginspirasi tentang kehidupan yang mereka alami selama setahun disana; maupun mengetahui bahwa mereka telah melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk banyak orang. Saya sempat ingin mengajukan aplikasi, tapi sayangnya, niat saya ini ditolak mentah - mentah oleh orangtua saya, terutama Bunda. Alasan beliau saat itu adalah karena rasa khawatir sebagai seorang ibu terhadap anak perempuannya ini jika hidup setahun di daerah pedalaman. Mulai dari masalah keamanan, kesehatan, dan masih banyak pertimbangan beliau. Meskipun saya udah berulang kali sempat mencoba untuk meyakinkan beliau, akhirnya selalu berujung penolakan. Sampai suatu ketika, Bunda akhirnya berkata, "Untuk berkontribusi ke negara ini enggak hanya dilakukan dengan cara ekstreme seperti itu, yang membuat kamu harus pergi ke daerah pedalaman dan mengajar anak - anak di pelosok.  Dengan kamu kerja keras di bidang yang kamu tekuni dan menghasilkan karya yang bisa bermanfaat bagi orang lain, itu sudah sangat bagus". Setelah mendengar perkataan Bunda tersebut, saya enggak pernah lagi mencoba untuk mengubah keputusan beliau. Dan semenjak itu, saya fokus untuk mempersiapkan kuliah S2 saya dan memutuskan untuk menjadi dosen. Walaupun sebenarnya keinginan saya menjadi dosen pada saat itu masih belum sepenuhnya bulat ; lebih dikarenakan campuran antara kesukaan saya dengan bidang penelitian, enggak ada lagi pekerjaan lain yang saya minati, dan karena saya ingin melakukan sesuatu yang membuat saya merasa berguna untuk orang lain (padahal dipikir - pikir kaan semua pekerjaan juga bermanfaat yaa! hehe). 



Tapi kamu tau? Bukannya merasa menyesal, semakin saya menjalani hari - hari saya sebagai dosen, saya semakin bersyukur karena enggak menjalani berbagai pekerjaan yang sempat saya coba kirimkan aplikasi saya, yang awalnya saya kira paling tepat untuk dijalani sehari - hariJika saya jadi fotografer, saya harus lebih banyak belajar tentang teknik fotografi dan memiliki berbagai lensa yang harganya bisa setara dengan beasiswa yang saya peroleh selama satu tahun kuliah di luar negeri, supaya bisa bersaing dengan para professional photographer lainnya. Terlepas dari semua itu, alasan utama saya akhirnya saya bersyukur enggak jadi fotografer adalah karena ternyata bagi saya letak kenikmatan fotografi itu bukan pada saat saya bisa memuaskan orang lain, dalam hal ini adalah customer saya. Memang pasti ada kesenangan tersendiri saat melihat orang lain menyukai hasil foto mereka dari kamera saya. Tetapi ternyata dari beberapa pengalaman saya, justru ketika saya merasa dituntut untuk memberikan hasil foto yang memuaskan bagi orang lain; semakin saya merasa enggak puas dengan hasil foto saya karena saya akan jadi sangat perfeksionis dan selalu merasa khawatir tidak bisa memberikan hasil terbaik untuk customer saya. Dan akhirnya saya malah jadi enggak bisa sepenuhnya menikmati fotografi.

Kalau saya jadi fashion stylist/blogger, saya harus selalu tampil dress up dan update isi lemari pakaian saya supaya enggak terlihat memakai barang yang itu - itu aja. Dengan bekerja di dunia fashion juga akan menuntut saya untuk rajin mencari informasi tentang trend fashion terbaru, mengunjungi berbagai acara fashion, memiliki barang - barang branded, dan lain sebagainya. Padahal beberapa tahun belakangan ini justru saya semakin jarang mengikuti fashion blogger, membuka website atau membaca majalah fashion. Saya juga bukan tipe orang yang bisa selalu dress up setiap hari; dan jika dipaksakan begitu, yang ada justru menjadi beban bagi saya. Di sisi lain, jika saya bekerja sebagai editor majalah, saya harus banyak mempelajari etika menulis yang sesuai dengan tata bahasa yang berlaku. Padahal selama ini pengalaman saya dalam bidang mengedit tulisan hanya saat saya jadi pemimpin redaksi majalah sekolah saat SMA. Tapi hal utama yang membuat saya bersyukur enggak menjadi editor majalah adalah passion saya bukan untuk mengedit tulisan orang lain, tetapi justru adalah saat saya menuangkan pikiran saya sendiri. Selalu ada kesenangan tersendiri saat saya menulis, mengulas kembali, mengedit dan akhirnya mem-publish tulisan saya di blog.


Sebelum menjadi dosen, saya juga sempat bekerja di tempat dengan lingkungan membosankan dan jam kerja yang sangat kaku, serta yang paling membuat saya enggak betah adalah hal yang saya kerjakan enggak bisa saya nikmati sama sekali. Alhasil, saya kerja males - malesan dan hampir setiap hari saya mengeluh dengan pekerjaan saya. Hampir setiap hari saya rasanya mau keluar dari pekerjaan saya. Padahal saat itu gaji saya lebih besar daripada gaji yang saya terima sebagai dosen tamu di tiga bulan pertama saya mengajar. Bukan hanya itu, saya juga lebih sering dikirim untuk perjalanan dinas keluar kota dibandingkan selama dua tahun saya bekerja sebagai dosen dan peneliti. Tapi ya itu, karena pekerjaan yang saya lakukan enggak sesuai dengan minat saya; ujung - ujungnya gaji yang lebih besar dan perjalanan ke berbagai kota di Indonesia enggak bisa membuat saya merasa lebih bahagia. Di sini juga saya merasakan bagaimana diri saya sempat bekerja hanya untuk mengejar uang, yang sebenarnya saya sadar bahwa itu enggak akan berdampak baik bagi saya. Alhasil, apa - apa jadi tergantung sama 'uang', dan bahkan saya hampir sempat kehilangan apa yang saya yakini sebelumnya hanya karena uang. Selain itu dengan mengejar uang juga membuat saya enggak pernah merasa puas. Karena yang dikejar hanya uang dan bukan kepuasan hati, yang ada saya terus menerus ingin mendapatkan uang yang lebih; bahkan ketika sebenarnya apa yang saya dapatkan sudah melebihi ekspektasi saya.

Walaupun pekerjaan saya sebagai dosen masih memiliki struktur antara atasan dan bawahan, tapi gap-nya enggak sebesar yang saya alami di tempat kerja saya sebelumnya. Selain itu jam kerja yang lebih fleksibel serta berbagai kerjaan yang beragam dan tentunya sesuai dengan passion saya, membuat pekerjaan ini jauh lebih menyenangkan dari berbagai kerjaan yang pernah saya lalui sebelumnya. Berbicara soal gaji, justru semenjak saya bergelut sebagai akademisi, rezeki selalu datang di saat yang enggak terduga. Gaji awal saya hanya Rp 1,5 juta/bulan selama menjadi dosen tamu. Namun, tiba - tiba di bulan ketiga saya mendapatkan tawaran untuk menjadi full-time dosen. Enggak lama setelah itu saya juga ditawari posisi lain di fakultas saya, yang akhirnya gaji yang saya terima mencapai berkali-kali lipat dari gaji awal saya sebagai dosen tamu. Belum lagi dengan proyek penelitian, serta tambahan lainnya seperti ketika SKS mengajar saya melebihi dari batas maksimal, menjadi pembimbing dan penguji tugas akhir; membuat ada waktu dimana gaji yang saya terima sama besarnya dengan teman - teman saya yang bekerja di korporasi. Walaupun memang balik lagi, karena sebagian diantaranya bersifat enggak permanen, maka gaji saya pun enggak stabil. Kadang bisa lebih banyak bulan ini, kadang lebih sedikit di bulan berikutnya. Tapi justru rezeki yang enggak terduga itu yang membuat saya menjadi semakin bersyukur dan lebih hati - hati dalam menggunakan uang yang saya peroleh. Dan yaa, gaji saya sebagai dosen bisa membuat saya untuk menabung setiap bulannya, bisa membeli barang - barang yang saya inginkan, serta melakukan perjalanan ke beberapa tempat sesuai dengan budget saya. Intinya, saya ini bukan "yang penting mengikuti kata hati kok". Saya juga tetap realistis. Saya pun dari awal juga udah menghitung kira - kira gaji dasar yang akan saya terima setiap bulannya dapat mencukupi kebutuhan tanpa meminta uang lagi ke orangtua saya. Seperti saat beberapa bulan pertama menjadi dosen tamu dengan gaji saya yang enggak mencukupi kebutuhan bahkan hanya untuk makan dan transportasi di Jakarta, maka saya langsung mengambil proyekan lain untuk membantu menghidupi diri saya, hingga akhirnya saya baru melepasnya setelah mendapatkan tawaran sebagai full-time lecturer. 



Dengan gaji yang enggak stabil itu juga yang membuat saya juga semakin realistis dengan kondisi saya. Dalam hal ini, menjadi dosen juga mempengaruhi 'pola hidup' saya untuk menjadi lebih sederhana. Dengan lingkungan kerja saya yang sebagian besar adalah para dosen di usia yang udah cukup matang, yang mana dosen muda nya hanya sekitar lima orang, itu pun juga mereka pada enggak yang 'ribet soal pakaian'; maka lama kelamaan mempengaruhi saya untuk juga berpakaian lebih apa adanya. Selain urusan pakaian, saya juga lebih hemat di aspek kehidupan saya lainnya. Mulai dari menggunakan transportasi umum, mengurangi makan di tempat fancy, hingga intensitas jalan - jalan ke mall juga jadi berkurang banget. Tapi sebenarnya ini semua dilakukan tanpa saya sadari, alias memang karena saya menikmatinya; bukan menjadi beban harus 'berhemat'. Hampir setiap hari saya commuting dari Jakarta ke Depok dengan menggunakan kereta, karena dengan begitu saya enggak perlu bertemu dengan kemacetan. And the best thing was, karena jalur yang saya ambil adalah yang 'melawan arus' maka jarang banget saya menaiki kereta yang sesak dan penuh dengan penumpang. Nah untuk urusan makan, karena memang pada dasarnya buat urusan satu ini saya enggak banyak pantangan, maka saya sama sekali enggak ada masalah untuk makan di kantin atau di warteg sekitar kampus, yang rata - rata harganya 10 - 15 ribu untuk satu porsi yang udah bikin saya puas dan kenyang banget. Di sisi lain, saya pada dasarnya bukan seseorang yang segitunya tertarik untuk berkunjung ke mall. Biasanya saya ke mall hanya kalau memang lagi ada kepentingan (re: mau beli barang tertentu) atau ngumpul bareng keluarga dan teman. Tapi semakin kesini pun kalau jalan bareng keluarga atau ketemu sama teman - teman lama, kami cenderung memilih tempat selain mall. Akhirnya karena itu juga yang membuat gaji yang saya terima pun bisa digunakan untuk hal lain yang benar - benar berarti buat saya, seperti membeli barang yang udah lama saya inginkan atau mengunjungi tempat yang ada di bucket list saya.


Enggak keliatan kan mana yang mahasiswa, mana yang dosen? :)))

Banyak orang yang mengenal saya menganggap bahwa saya termasuk tipe dosen yang 'baik', dalam artian mudah memberi nilai bagus. Bahkan beberapa diantaranya sempat menebak kalau saya tipe dosen yang mudah di-bully atau diceng-cengin oleh mahasiswa. Tapi nyatanya justru, ini di luar dugaan saya juga sih sebenarnya (ha!), ketika menjadi dosen ada sisi lain di diri saya yang keluar, yaitu sifat tegas dan berani yang saya miliki. Menjadi dosen bisa membuat saya lebih berani dan tegas. Saya bisa berani untuk menegur mahasiswa yang salah, berani untuk enggak meluluskan mahasiswa yang menyia-nyiakan kesempatan yang saya berikan supaya mereka lebih berusaha untuk serius dalam belajar, berani untuk enggak memperbolehkan mahasiswa mengikuti kelas saya saat mahasiswa tersebut selalu datang terlambat lebih dari setengah jam sejak kelas dimulai, serta saya juga enggak segan untuk memarahi mahasiswa yang ketauan melakukan plagiarisme atau menyalin pekerjaan mahasiswa lain.

Menjadi dosen juga membuat saya lebih bertanggung jawab. Karena dibalik pekerjaan yang terlihat 'mudah' ini ada tanggung jawab yang sangat besar dibaliknya. Sebisa mungkin, saya selalu datang tepat waktu, bahkan kalau bisa sebelum jam yang ditentukan, saya udah berada di dalam kelas. Sebisa mungkin, saya mencoba untuk adil dalam memberikan nilai; bukan hanya dilihat dari kepintaran tiap individu tapi juga usaha yang mereka lakukan dalam mengikuti kuliah saya. Sebisa mungkin, saya ingin ilmu yang saya berikan bisa tersampaikan ke mahasiswa; makanya hampir setiap kali mengajar, pasti saya belajar dulu beberapa hari sebelumnya. Sebisa mungkin, saya ingin kelas saya enggak membosankan dan bisa membuat mahasiswa bersemangat untuk mengikuti pelajaran yang saya berikan; makanya saya selalu memikirkan cara agar komunikasi berjalan dua arah; supaya mahasiswa bisa lebih aktif, dan supaya mahasiswa yang pintar enggak hanya bergabung dengan yang pintar, tetapi juga membagi ilmunya dengan mahasiswa yang masih belum paham.

Menjadi dosen menyadarkan saya akan kekurangan - kekurangan saya dan terus mencoba untuk menjadi lebih baik lagi. Bagi saya yang pada dasarnya memang enggak pandai berbicara di depan banyak orang; dengan menjadi dosen membuat saya untuk terus belajar supaya bisa berbicara dan presentasi dengan baik di depan para mahasiswa. Yaa, walaupun sampai terakhir kali saya mengajar saya masih belum bisa mengubah cara bicara saya yang sering dikritik karena terlalu cepat dan terkesan terburu - buru (seriously, it's way harder than I thought!). Menjadi dosen mengajarkan saya untuk lebih peka dan memposisikan kapasitas mahasiswa yang saya ajar agar materi dan beban ajaran yang saya berikan tidak terlalu memberatkan mereka; karena tanpa saya sadari, saya masih sering memposisikan mahasiswa yang saya ajar sebagai diri saya, bukan sebaliknya. Menjadi dosen mengajarkan saya bahwa saya hanyalah manusia biasa yang enggak bisa menjadi dosen teladan bagi setiap mahasiswa, enggak luput dari kesalahan, yang masih seringkali lupa, dan enggak bisa selamanya benar. Sehingga ketika saya membaca beberapa masukkan dari mahasiswa, saya bisa menanggapinya dengan lebih bijaksana. Jika komentar tersebut positif, maka saya jadikan sebagai penghargaan bagi diri saya sendiri. Tapi sebaliknya, jika komentar tersebut negatif, maka saya jadikan sebagai kritikan yang membangun agar saya bisa menjadi lebih baik lagi.



Menjadi dosen juga membuat saya menyadari hal yang sebelumnya saya enggak pernah duga akan membuat saya senang, yaitu mengajar. Jujur, alasan utama saya memutuskan untuk menjadi dosen adalah karena saya senang dengan penelitian dan ingin menjadi expert dalam bidang saya. Bukan hanya menikmati saat melakukan survei lapangan, tetapi juga proses sebelum dan sesudah melakukan survei. Mulai dari membaca/merangkum berbagai jurnal dan buku untuk studi literatur, menganalisis data hasil survei, hingga membuat laporan penelitian. Namun ternyata, setelah menjadi full-time dosen dan memegang beberapa mata kuliah yang saya suka, saya menyadari bahwa ada kesenangan tersendiri saat mempersiapkan bahan untuk mengajar dan diskusi di kelas. Saya sama sekali enggak menyangka ternyata saya menikmati saat - saat dimana saya mempersiapkan presentasi kuliah, mencari dan mencoba berbagai metode mengajar yang lebih interaktif, dan bahkan ada beberapa mata kuliah dimana saya merasa sangat semangat dan enggak sabar untuk mengajar. Selain itu, selalu ada kebahagiaan tersendiri saat saya mempersiapkan presentasi dan metode pengajaran yang akan saya berikan saat kuliah; atau saat melihat mahasiswa yang antusias dalam mengikuti kelas saya; atau ketika melihat beberapa mahasiswa yang saat sedang papasan dengan saya di luar kelas, melambaikan tangan mereka sambil tersenyum sumringah dan berkata, "Halo, Mbak Poeti!". Ada kebahagiaan tersendiri saat melihat ilmu yang saya berikan ternyata dapat dipahami dengan baik oleh mahasiswa. Ada kebahagiaan tersendiri saat melihat beberapa komentar positif yang mereka berikan di akhir perkuliahan. Ada kebahagiaan tersendiri saat beberapa mahasiswa mengatakan bahwa saya bisa memotivasi mereka untuk mencapai mimpi - mimpi mereka. Sekalipun ada masa - masa dimana saya merasa jenuh untuk membuat laporan penelitian dan mengajar, tetapi enggak membutuhkan waktu yang lama bagi saya untuk kembali bersemangat. Sekalipun saya mendapatkan kritikan dari atasan kerja saya mahasiswa yang saya ajar serta hambatan lainnya dalam pekerjaan saya sebagai dosen dan peneliti; itu semua enggak membuat saya merasa malas apalagi berhenti bekerja. Justru semua itu membuat saya ingin menjadi lebih baik lagi ke depannya dalam menjalankan pekerjaan saya sebagai dosen.


Dari semua itu akhirnya saya menyadari satu hal bahwa menjadi dosen adalah pekerjaan yang saya paling tepat bagi saya saat ini, bukan karena saya sepenuhnya menyukai pekerjaan ini, tapi karena saya bisa menerima segala kekurangan dari pekerjaan ini. Misalnya salah satu hal yang menjadi tantangan bagi saya adalah saya dituntut untuk aktif dalam 'berkarya' menghasilkan published journal dan buku dari penelitian yang telah dilakukan; yang keduanya enggak bisa langsung diterima hanya dengan sekali mengirimkan aplikasi dan membutuhkan waktu hingga bertahun - tahun hingga berhasil diterbitkan. Selain itu saya juga harus aktif berpartisipasi dengan menjadi speaker di berbagai konferensi, serta rajin mengikuti berbagai workshop dan seminar. Memang sih enggak semua dosen mesti seperti itu, karena semua balik lagi ke prioritasnya. Tapi kalau memang mau menjadikan dosen sebagai karir ya harus seperti itu. Dan yaa, setelah dipikir - pikir, memang enggak ada pekerjaan yang sempurna kan? Setiap pekerjaan ada kelebihan dan kekurangannya; ada resiko dan keuntungannya. Namun semakin kesini saya semakin menyadari bahwa dengan mengerjakan sesuai passion kita, segala kesulitan dari suatu pekerjaan yang kita jalani pada akhirnya bukan terasa sebagai beban, tapi justru sebagai motivasi dan tantangan karena kita tau bahwa terlepas dari segala kekurangan dari pekerjaan kita tersebut, ada banyak keuntungan dan kebahagiaan yang kita rasakan.


Saya enggak mau menyangkal selain berbagai hal tersebut, masih ada beberapa hal yang enggak saya suka dari pekerjaan saya ini, misalnya saya tetap harus berhubungan dengan kerjaan yang bersifat administratif atau melewati birokrasi kampus yang masih rumit. Tapi kenyataannya, segala kesulitan dan kekurangan dari pekerjaan ini bisa saya terima dengan kadar yang lebih tinggi daripada pekerjaan lainnya. Sehingga, sekalipun saya enggak menyukai beberapa kekurangan tersebut tapi enggak membuat saya jadi malas bekerja atau terbebani saat melakukan pekerjaan saya sebagai dosen. Bahkan saya sempat mendengar dari seseorang yang saat ini sedang menjadi make-up artist yang cukup terkenal di Indonesia, bahwa ada masa - masa dimana dia sangat bosan dengan pekerjaannya sampai enggak mau berurusan dengan make-up. Saat itu dalam hati saya bertanya, kok bisa sih padahal itu kan passion dia? Tapi setelah saya jalani, ya memang sekalipun kita mengerjakan hal - hal yang menjadi passion kita, rasa bosan itu enggak bisa dihindari. Justru dengan merasa bosan, kita bisa jadi mengerjakan hal - hal lainnya. Justru dengan merasa bosan, akhirnya  bisa memicu otak untuk berpikiran lebih kreatif. Setiap saya bosan mengerjakan terkait pekerjaan saya sebagai dosen dan peneliti, saya biasanya take a break dulu dan melakukan hobi saya yang lain seperti blogging. Begitu juga di saat saya lagi enggak mood buat melakukan hobi saya tersebut, saya justru bisa fokus mengerjakan riset. Atau ketika saya enggak mood melakukan dua hal tersebut, saya bisa melakukan hal lain yang saya suka seperti fotografi, dress up, traveling dan berbagai kegiatan yang termasuk hobi saya maupun #ROH. 

Disini saya juga menyadari bahwa, bagi saya, kenikmatan hidup bukan terletak pada sebuah produk akhirnya, tetapi kenikmatan hidup bagi saya adalah pada prosesnya. Bagi saya kenikmatan hidup bukan terletak pada kekayaan materi, tetapi pada saat saya merasa berkecukupan dengan kondisi saya. Bagi saya kenikmatan hidup bukan terletak pada saat saya bisa membeli barang - barang mahal yang enggak bisa dibeli oleh banyak orang, tapi pada saat saya bisa mengeluarkan uang untuk hal - hal yang memang sesuai kebutuhan saya dan enggak akan membuat saya menyesal. Bagi saya, selama saya masih bisa hidup di tempat yang nyaman, menjalani hari - hari tanpa merasa kekurangan, menyisihkan rezeki yang saya dengan orang lain yang berhak mendapatkannya, menabung untuk kebutuhan masa depan saya, melakukan perjalanan sesuai budget saya ke tempat - tempat yang belum pernah saya kunjungi, membeli berbagai barang yang saya suka sesuai dengan budget saya; semua itu udah cukup. Tetapi tujuan saya hidup adalah untuk menjadi seseorang yang bisa menikmati hari - hari di dunia ini tanpa menjadikan kekayaan materi dan kekuasaan sebagai hal utama yang saya kejar. Saya enggak memaksa setiap orang harus memiliki pemikiran seperti saya. Karena saya tau bahwa setiap orang memang memiliki tujuan dan kondisi yang berbeda dalam hidup mereka. Ada yang lebih mengutamakan kemapanan, ada yang mengutamakan kenikmatan secara materi. Ada yang tujuan hidupnya untuk menjadi orang kaya dengan uang enggak berseri. Ada yang rela melakukan pekerjaan yang enggak disukainya saat ini demi mengejar hidup santai untuk beberapa puluh tahun ke depan. Semua itu enggak ada yang salah. But one thing you should bear in mind that whatever your main priorities and goals are, please don't ever let other people's voices dictate your life. Keep fighting for what you believe in. 


Berbagai proses dan pengalaman saya tersebut menyadarkan saya akan satu hal, bahwa enggak semua hal yang menarik bagi kita harus dijadikan sebagai pekerjaan. Karena saya sadar bahwa hal - hal yang saya kira bisa dijadikan sebagai pekerjaan utama saya simply because I love doing them, seperti fotografi, fashion, dekorasi, hingga traveling; ternyata hanya cocok untuk dijadikan sebagai hobi. Karena hal - hal tersebut menarik dilakukan hanya dalam waktu - waktu tertentu aja, bukan untuk dilakukan setiap hari. Karena berbagai hal tersebut menarik ketika saya mengerjakan sesuka saya dan bukan untuk dijadikan pekerjaan yang lebih 'serius'. Karena jika saya jadikan mereka sebagai pekerjaan sehari - hari saya, saya enggak akan bisa lagi menikmatinya. Please, don't get me wrong. Saya enggak bilang kalau mengikuti passion kamu itu salah, tapi disini saya cuma mau menekankan bahwa tipe seperti saya yang memiliki ketertarikan dengan banyak hal, saya harus memilih bidang mana yang benar - benar cocok dan menjadi prioritas untuk dijadikan sebagai full-time job. 

Akhirnya, setelah memasuki empat tahun sejak saya memutuskan untuk menjadi dosen dan peneliti di bidang yang saya suka, serta sedang dalam perjalanan untuk membuat diri saya belajar lebih dalam tentang bidang ini, di usia ini saya enggak merasa malu lagi dengan pekerjaan saya ini. Saya enggak merasa iri atau minder lagi saat melihat mereka yang memiliki kondisi finansial lebih baik atau sudah settle dibandingkan saya. Karena saya menyadari bahwa saya sangat menikmati pekerjaan saya ini. Pekerjaan dimana saya bisa lebih banyak berinteraksi dengan masyarakat lokal, pekerjaan dimana saya bisa belajar untuk menjadi seseorang yang lebih bertanggung jawab dalam menyalurkan ilmunya ke orang lain, pekerjaan yang lebih banyak terlibat dengan kerja sosial, pekerjaan yang sekalipun saat saya sedang kesulitan atau stress itu enggak membuat saya terbebani tapi justru tertantang, pekerjaan yang membuat saya juga tetap bisa menikmati berbagai kegiatan lain seperti blogging, volunteering, serta menyadari dan terus melakukan hal - hal kecil namun esensial dalam hidup. Pekerjaan yang membuat saya bisa menjadi diri saya sendiri. Pekerjaan yang selalu menjadi pengingat untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Pekerjaan yang membuat saya untuk lebih bersyukur. Pekerjaan yang membuat saya untuk tetap menapakkan kaki saya di tanah. 

10 Comments

  1. wa theme blognya ganti, font (nazura gulfira) nya juga ganti...sukak :)
    Mba Ozu saya pengen banget jadi dosen, selain beberapa alasan yg mbak ozu sampaikan di postingan di atas, ada lagi alasan kuat mengapa saya ingin sekali jadi dosen yaitu kalau udah jadi istri waktunya lebih fleksibel buat ngurus anak, suami, dan rumah karena kalaupun ada tugas lembur pasti bisa dikerjakan dirumah beda dengan di perusahaan (ini dikutip dari nasehat dosen pembimbing saya yg selalu menasehati saya karena saya terlalu menggebu utk jadi wanita karir kantoran) itu saya rasakan sekarang, saat ini saya bekerja di perusahaan asing memang sih gajinya besar, tapi saya sering jenuh dan akhirnya saya cari murid untuk menghibur diri saya, jadi tiap pulang kerja saya masih bisa mengajar untuk melepas kepenatan saya dikantor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Chintya! Iyaa nihh font nya gantii, walaupun theme nya tetep sama hehe.

      Nahh iya, itu juga alasan lainnya kalo nanti aku udah berkeluarga kan bisa lebih bebas bagi waktunyaa. Menurutku sih tiap orang punya prioritasnya masing - masing. Kalo memang sejauh ini kamu msh butuh kerja di perusahaan asing, jalanin dulu ajaa sampai nanti akhirnya kamu sampai di titik dimana kamu udah yakin untuk keluar supaya bisa menjalani mimpi kamu yang lain (misalnya dalam hal ini jadi dosen). Aku pribadi salut sih sama kamu, masih kerja gitu bisa sempatnya meluangkan waktu untuk mengajar. Semangat selalu yaa Chintya! Semoga selalu diberikan jalan terbaik apapun itu :D

      Delete
  2. Halo!!
    Postingan ini langsung 'kena' di saya loh, sebagai seorang dosen muda saya juga ngerasain apa yang kamu rasakan, tapi sudah nggak galau lagi karena setiap hari saya sangat menikmati apa yang saya kerjakan :)

    Semangat ya sekolahnyaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba! waah, senangnyaa ada teman seperjuangan :')

      Aku pun juga udah enggak galau sekarang. Tos dulu mba! hehe. Semangat juga menjalani hari - hari sebagai dosen muda ya mbaa :D

      Delete
  3. Suka sekali baca post ini, kak Nazu <3 This once again reminded me for so many little things in life most people often forget which is to be in love with ourselves despite what the society told us to :")
    Tetap semangat ya kak!!!

    Anyway, I love your header kak! <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi. Thanks Nerissa! yes yes yes, I think I could never get bored telling other people to love themselves.

      Semangat juga buat kamu yaa Neriii! kiss kiss

      Delete
  4. Kak Ozu, aku suka baca tulisan ini. Walau jalanku mungkin berbeda, tapi jadi dosen adalah impian terbesarku. lagi-lagi justru bukan karena uang seperti pekerjaan yang kulakukan sekarang. Dan, walaupun skripsiku nggak kelar-kelar, tapi bermimpi untuk itu nggak salah kan? Hehe.

    AKu juga amaze sama cara pikir dan pandangmu. Love the way you are lah. Selalu semangat, semoga dimudahkan hidupmu :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Erny! Kamu mah skripsi enggak kelar - kelar karena sambil kerja kaan. aku tetep salut banget sama orang kaya kamu yang bisa kerja sambil kuliah. karena rasanya aku enggak bisa kaya gitu deh :(

      Aww, aku juga kagum sama berbagai tulisan tentang kehidupan dan pemikiran kamu di blog. Doa yang sama buat kamu yaa! semangat kerja dan skripsinya! hugs and kisses! :D

      Delete
  5. Halo Nazura. Aku sempat tiga tahun jadi dosen. Kemudian mengundurkan diri karena birokrasi kampus yang cukup menyulitkan. Jujur aku menikmati pekerjaan itu walaupun penghasilannya kurang sepadan. Aku menyiasatinya dengan mengerjakan project freelance di luar kampus. Walaupun saat ini aku bekerja di bidang yang jauh berbeda dengan dosen, aku yakin selalu ada cara untuk berbagi.
    Aku setuju sekali dengan pernyataan kamu, tidak ada yang instan, semua butuh proses. Ada beberapa hal yang memang kita sukai tapi kurang tepat jika menjadi profesi, cukup jadi hobi. Salut untuk kamu. Sukses ya studinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Ignas. Waahh ternyata sempet jadi dosen juga ya mbaa. Aku paham banget tuh soal birokrasi, karena kayanya hampir tiap kampus masih gitu deh.. di kampus ku pun juga salah satu hal yang suka bikin pusing yaa birokrasi itu. Bener banget mba, aku yakin setiap jenis pekerjaan pasti ada caranya masing - masing untuk berbagi. Makasih yaa mbaa. Sukses juga buat mba Ignas yaaa :D

      Delete

Post a Comment