May 15, 2016

Perjalanan, Cinta, dan Makna Perempuan

Sekitar bulan Januari lalu, tiba - tiba saya dihubungi oleh mas Fachmy, seorang editor dari Metagraf, sebuah creative imprint dari penerbit buku Tiga Serangkai. Saat itu beliau tertarik dengan beberapa tulisan serta foto yang saya share di blog, sehingga menawarkan pembuatan buku yang berisi tentang berbagai pemikiran saya tersebut. Awalnya saya sempat kaget dan setengah enggak percaya kalau nantinya buku ini bisa terbit, apalagi dalam waktu yang bisa dibilang cukup singkat. Karena menjadi penulis buku adalah salah satu dari beberapa mimpi besar saya, yang sempat terasa begitu dekat, namun ternyata masih belum bisa tercapai. 

Berulang kali hal yang terpikir oleh saya adalah "saya kan bukan siapa - siapa, tapi kenapa mereka mau membuat buku tentang pemikiran dan perjalanan hidup saya? memangnya mereka enggak takut kalo buku ini enggak laku nantinya karena si penulis bukanlah seseorang yang udah dikenal oleh masyarakat luas?". Mungkin kalau isinya tentang hal - hal yang lebih umum seperti fiksi, buku panduan tentang suatu bidang tertentu, serta buku pendidikan; latar belakang si penulis bukanlah hal yang penting. Tetapi untuk sebuah tipe buku inspirasi, yang mana adalah jenis dari buku saya ini, pasti latar belakang penulis akan menjadi suatu hal yang sangat penting. Namun saya sadar bahwa ada beberapa hal yang dipertimbangkan oleh pihak penerbit, yang mana saya sebagai masyarakat awam, mungkin belum memahaminya.


Karena saya sendiri masih enggak yakin dengan pembuatan buku ini, maka saya hanya memberitahu hal ini kepada orangtua dan adik perempuan saya. Selain itu saya memang termasuk tipe orang yang enggak suka menyebarluaskan suatu hal sampai itu benar - benar terjadi. Padahal terlepas dari keraguan saya tersebut, hampir setiap bulannya saya selalu dihubungi oleh pihak Metagraf terkait dengan progress buku ini. Bahkan hingga kontrak diberikan ke saya sekalipun, saya masih belum pede.

Sampai akhirnya sekitar dua minggu yang lalu saya dikabari bahwa tim editor sudah memilih cover untuk buku ini dan sudah dalam proses pencetakan, maka disitu akhirnya saya benar - benar menyadari bahwa semua ini nyata. I'm gonna be a published author! Saya yang saat itu sedang sangat menikmati perjalanan di Italia, begitu mendapat kabar tersebut rasanya kebahagiaan saya langsung meningkat berkali lipat! Walaupun sejujurnya di sisi lain saya juga takut kalau nantinya buku ini enggak memenuhi ekspektasi para pembaca, saya sangat berharap buku ini bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Doakan supaya lancar yaa semua proses pencetakan, penerbitan hingga pendistribusian bukunya, supaya bulan depan kalian bisa menemukan (dan juga membeli, heeuu) buku Perjalanan, Cinta dan Makna Perempuan di seluruh toko Gramedia di Indonesia serta beberapa toko buku lainnya seperti Gunung Agung, Tisera dan Toga Mas. Dalam waktu dekat ini saya juga akan memberikan informasi selanjutnya tentang cara pre-order buku ini. Ditunggu aja yaa :') 

19 comments:

  1. Huwaaaa, congratulations!

    As your blog reader I can't wait for your book, and I will definitely buy it (put it on my books-to-buy list).

    Sukses selalu dan terus bagi cerita inspirasi mu yaa, mbak Ozu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaa thanks for your support, Kendisza! sukses juga buat kamu yaa :D

      Delete
  2. selamat kakak
    akhirnya bisa menikmati karya kakak ga cuman di blog
    semoga cepet rilis biar bisa segera di beli

    -salam binggo-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hello there. makasih yaa buat doanyaa, aamiin! :)

      Delete
  3. Kak Nazu congratulations!!!! :''') I can hardly wait to read the book!!! Selalu sukses ya kakkk x

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank youuuu Nerii *ikut-ikutan manggil setengah doang* :))

      Sukses selalu juga buatmuu yaa :*

      Delete
  4. Insyallah nanti bakalan di beli ketika sudah muncul di toko buku terdekat. Wuff you kak ozu, sukses selalu! <3 <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kyaaa maacihhh gheaa! wuffyutuu! kiss kiss!!

      Delete
  5. waaa... selamat, Mbakkk... semoga bukunya bermanfaat utk para pembaca :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasihh mbaa. aamiin banget doanyaa :D

      Delete
  6. waaaaaa,selamat ya kak,,,aq tunggu banget tanggal Pre Ordernya,,pengen bacaaaa bgt ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo, makasih agessty! yeayy, asiikkk. ditunggu yaa pre-ordernyaa :D

      Delete
  7. Kak Ozu, aku udah masukin bukumu dalam listku :') ikutan seneng dan terharu akhirnya bisa membaca tulisanmu lebih dalam lagi dalam buku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaa, thank you so much, Erny! semoga bukunya nanti enggak mengecewakan yaa :')

      Delete
  8. Congrats Ozu! I'll be among the first ones to buy it. Can't wait to read it :)

    ReplyDelete