June 06, 2016

#ROH 34: Korean TV Series

Diantara berbagai hal yang selalu saya hindari untuk dilakukan dalam hidup saya adalah..... menonton TV series. Saya sadar dengan diri saya yang mudah baper ini, saya bisa mudah terbawa dengan cerita dan para tokoh di sebuah series tersebut. Akibatnya, bukan hanya saya bisa ketagihan menontonnya hingga menunda kegiatan lain yang lebih penting; tetapi juga saya bisa terus kepikiran dengan para tokohnya hingga berhari - hari. Bahkan beberapa kali sempat sampai kebawa mimpi loh. Haha! Enggak banget emang :3

Walaupun belum lama ini saya sempat on-off mengikuti beberapa series, tapi terakhir kali yang berhasil saya ikuti dari awal sampai akhir dan bikin saya baper berkepanjangan itu adalah Gossip Girl dan Sherlock Holmes. Sedangkan untuk Asian drama series, saya cuma menonton Meteor Garden dan Full House. Itu pun ditontonnya saat masih SMP dan kuliah, yang mana udah lama banget kan. Jadi, yha, bisa dibilang saya udah lupa rasanya ketagihan nonton series. Hingga akhirnya sekarang saya kembali merasakan kebaperan dan guilty pleasure ini, sampai merelakan begadang dua malam saat akhir pekan kemarin, demi menyelesaikannya.


Jadi semua ini bermula saat minggu lalu ketika saya sedang berkumpul dengan Dzilla dan kedua teman saya dari China, Anna dan Jane. Entah bagaimana, pembicaraan kami jadi "nyasar" ke topik seputar dunia musik dan perfilman di Korea. Sampai akhirnya membicarakan sebuah series yang lagi ngehits banget, yaitu Descendants of The Sun. Berhubung waktu itu cuma saya doang yang bukan penggemar Korean drama dan K-Pop, maka begitu mereka mendengar kalau saya enggak tau dengan film ini; mereka langsung merekomendasikan saya untuk menontonnya.

Meskipun awalnya saya enggak langsung tertarik untuk menontonnya, tapi berhubung belakangan ini saya juga lagi mencari hiburan lain yang enggak banyak melibatkan fokus dan pikiran, serta didukung dengan kekangenan saya melihat akting Song Hye Kyo setelah terakhir kali melihatnya di Full House; akhirnya saya coba menonton satu episode pertamanya. Eh, enggak taunya malah jadi ketagihan sampai enam belas episode berikutnya :3


Alasan utama kenapa saya segitunya suka dengan series ini adalah karena ceritanya yang enggak melulu fokus ke permasalahan percintaan yang dihadapi kedua pasangan utama di film ini. Banyak pembelajaran dan pandangan baru, terutama bagi saya yang enggak pernah terlibat di dunia militer dan kedokteran, yang diselipkan di tengah - tengah drama komedi romantis ini. Selain itu juga cukup banyak action dan sisi sosial humanisnya, yang menambah warna di film ini.Yang lebih menyenangkannya juga adalah ciri khas komrom Asia yang berbeda dari komrom Barat, yaitu mereka bisa membuat hal - hal yang jika dilakukan oleh masyarakat Barat adalah sebuah hal yang garing dan norak, tetapi menjadi lucu jika itu dilakukan oleh orang - orang Asia.

Walaupun harus diakui memang terkadang ada beberapa alur yang terasa membosankan, mudah ketebak dan terlalu dipaksakan. Memang sih yang membuat film ini berbeda adalah saat melihat tantangan - tantangan "antara hidup dan mati" yang dihadapi oleh kedua pasangan utamanya dan cara mereka untuk menghargai serta menyelamatkan hidup satu sama lain. Tapi, jadinya ada beberapa bagian yang kurang tepat untuk dimasukkan, sehingga bukannya malah semakin penasaran, tapi justru membuat saya jadi menurunkan flow saat menontonnya.


Tapi bagi saya, terlepas dari kekurangan film ini, saya tetap sangat menikmatinya. Sampai setiap episode pasti selalu ada adegan yang membuat saya gemas, senyum, ketawa dan teriak - teriak sendiri saat melihat tingkah laku para tokohnya baik karena ekspresi lebay mereka, sikap dan kata - katanya yang bikin hati ini meleleh (hahaha), atau justru saat melihat ciri khas orang - orang Korea yang bisa menggerutu tapi tetap menggemaskan gitu :3. Terbukti membuat saya berhasil baper berkepanjangan sampai menonton kembali beberapa episode favorit saya, serta soundtrack nya yang udah saya putar berpuluh kali dalam beberapa hari ini. Mari berdoa supaya akan ada sekuelnya :')

8 comments:

  1. Wow, akhirnya Nazura aja nonton Descendants of the Sun.
    Anehnya aku, walaupun aku sangat tertarik dengan budaya Korea dan pingin banget tinggal disana, aku ga pernah sekalipun suka drama Korea. Termasuk Descendants of the Sun. Berapa kali aja ditunjukin K-drama yang katanya bagus, laris, keren, ceritanya beda, tetap aku engga tertarik. Aku lebih suka nonton Criminal Minds atau Castle, lol. Entah kenapa.
    Anyway, selamat berpuasa Nazu ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha emang ada orang - orang yang pada dasarnya enggak bisa menikmati K-drama, dan mungkin kamu termasuk ke dalamnya ya Prim :3 Anyway, aku juga sebenernya bukan penggemar drama Korea.. bahkan ini baru nonton lagi setelah hampir sepuluh tahun enggak nonton.. tapi aku juga enggak anti sama mereka, jadi masih bisa menikmatinya :))

      Selamat puasa juga yaa Prima :D

      Delete
  2. Waini yang lagi hits hitsnya. Tapi aku nggak berani nonton, takut malah nggak tidur dan lupa kerja haha. Karena aku tipikal ky kamu yang kalau udah nonton drama series dan masuk ke ceritanya bakalan ngendon depan laptop berhari2 bahkan puasa nggak keras :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, aku tuh bahkan kalo ga dibilang sm temen2ku itu, engga akan tau kalo ini lagi ngehits banget ya ternyata :))

      iya sihh Erny, saranku mending kamu nontonnya pas lagi libur lebaran aja tuh.. jadi enggak akan mengganggu kerja kamu hahah

      Delete
  3. Hi Nazu! Wah senangnya bisa liat Korean TV Series masuk ke dalam list #ROH. Aku termasuk beberapa orang yang suka (banget) nonton K-drama karena menurutku produksi drama Korea itu bagus sekali, dari segi cerita, pengambilan gambar, akting para pemain, dan soundtrack-nya. Beberapa quotes-nya juga suka ngena banget dan bikin kita lebih bersyukur. Meskipun kadang ceritanya klise dan mudah ketebak. Kalau Nazu ada niatan buat nonton drama korea lagi aku rekomendasikan buat nonton Reply 1988 dan series Reply lainnya. Ceritanya bagus banget, sarat nilai moral dan bikin nostalgia. Racun banget ya aku, hehe. Anyway, have a wonderful Ramadhan ya Nazu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba Sally! Aku juga awalnya enggak kepikiran sama sekali loh untuk masukkin ini ke #ROH... sampai akhirnya... teman - temanku meracuniku dengan film ini :)) Jadi ajalah dalam seketika langsung masuk ke #ROH karena berhasil membuatku ketawa dan senyum sendiri sepanjang hari hahaha. Iyaa, setuju mbaa. Banyak banget kata - kata yang aku suka di sepanjang film ini.

      Errrr, untuk saat ini aku blm kepikiran lagi sih buat nonton K-drama, karena udah hampir seminggu beres nonton DOTS, aku masih baper sampai sekarang.. engga kebayang kalo nonton K-drama selanjutnya, yang ada enggak selesai - selesai baperku nanti haha. But I'll keep your recommendation in my mind, just in case suatu saat nanti aku butuh nonton K-drama lagii hihi. Makasih ya mbaa! Selamat berpuasa juga buatmuu, semoga Ramadhan kali ini banyak membawa berkah yaa :D

      Delete
  4. Hehehe....kirain mau didoain segera lepas dari bapernya DotS,.... gak taunya minta ada sekuelnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah iyaa sekarang yg lebih utamanya emang didoain supaya enggak baper berkepanjangan sih :))

      Delete