Reproduction of Happiness #88: Skincare Routine

Buat yang kenal saya, pasti tau kalo saya ini bukan seorang beauty fan. Produk skincare yang sering saya pake selama ini hanya cleanser, moisturizer, dan sunscreen. Itu pun buat moisturizer dan masker baru rajin selama 1.5 tahun belakangan aja karena "ditakut-takutin" oleh teman saya. Katanya (dan memang bener sih), kalo enggak pake moisturizer bisa cepet keriput, apalagi buat tipe dry skin seperti saya. Buat brand yang saya pake juga cenderung itu - itu aja dengan alasan ntar nyobain macem - macem malah jadi merusak kulit

Tapi setahun terakhir, entah ada angin apa, saya mulai tertarik buat nyobain skincare product dan routine lainnya. Awalnya merambah ke "double cleansing". Lalu ke exfoliator dan eye-cream. Terus enggak lama kemudian juga nyobain serum. Hingga akhirnya belakangan ini lagi semangat menerapkan 10-Step Korean Skincare Routine! Padahal saya inget banget, dulu sempet bertanya - tanya kenapa banyak orang yang segitu niatnya dengan perawatan wajah mereka hingga rela menghabiskan uang dan waktu buat ngejalanin Korean skincare regimen ini. Eeeh, sekarang saya malah ikut nyobain juga :)) *keplak kepala sendiri*


Ketertarikan saya dengan skincare routine ini sih sebenernya udah mulai dari setahun lalu, ketika semakin banyak teman saya yang duluan menerapkannya. Belum lagi begitu melihat postingan banyak orang di Instagram yang nyobain produk ini - itu dengan kemasannya yang menggemaskan dan disertai oleh review mereka yang positif; niat saya pun semakin kuat. Cuma berhubung saya ini anaknya mageran dan mood - moodan, saya putuskan buat cobain satu persatu dulu. Daripada ntar udah beli banyak produk berujung enggak kepake, yekan


Sampailah akhirnya saya nyobain mini sets dari Drunk Elephant. Wagelasih, enggak heran harga buat ukuran normalnya super mahal. Kurang dari tiga bulan sejak pemakaian pertama aja udah terasa bedanya. Bukan cuma berkurang pori - pori di wajah saya, kulit saya juga semakin halus dan kencang! Padahal sebelumnya saya udah nyobain skincare routine & product lainnya, tapi belum ada yang hasilnya terlihat dan terasa signifikan seperti yang satu ini. Semenjak itu saya jadi semakin aware kalo merawat wajah itu sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh dan jiwa. Dan salah satu caranya adalah dengan skincare routine dan mencari produk yang berkualitas serta tepat untuk kulit kita. Melihat wajah kita yang semakin terlihat sehat pasti memberi kebahagiaan tersendiri, kan? ;)





Anyway, saya sekalian mau sharing beberapa produk yang saya coba sekarang. Beberapa ada yang baru dicoba buat mengganti produk sebelumnya. Beberapa ada yang udah lama saya pakai dan belum beralih ke yang lain karena merasa udah cocok.

1. Micellar water (for PM only): Son & Park Beauty Water 
Saya sempat nyobain oil-based cleanser tapi saya enggak gitu suka dengan teksturnya. Dari hasil browsing singkat, ternyata micellar water bisa dijadikan sebagai first step dalam rangkaian double cleansing. Meskipun ada juga sih yang bilang micellar ini justru dipakai setelah cleansing. Berhubung saya belum tertarik beralih ke oil-based cleanser, saya coba Son & Park Beauty Water sebagai pengganti Garnier Micellar Water yang udah digunakan hampir setahun ini.
Btw, saya hanya double cleansing saat malam hari setelah beraktivitas karena merasa wajah saya masih bersih aja gitu setelah bangun tidur :))

2. Water-based cleanser: Cosrx Low pH Good Morning Gel Cleanser
Meskipun ditulisnya buat "morning gel cleanser", tapi dari hasil baca beberapa artikel, salah satunya ini, sebenernya enggak masalah juga buat dipake PM. Jadinya sekarang saya pake buat pemakaian AM dan PM.

3. Exfoliator: Clinique Clarifying Lotion & 4. Sheet mask: Various brands 
Buat exfoliator dan masker enggak dipake setiap hari, paling antara dua sampai tiga hari sekali. Alasan utamanya karena kulit saya kering jadi keseringan memakai exfoliator justru bisa bikin iritasi. Sedangkan kalo masker sih... karena faktor males aja buat meluangkan waktu setengah jam buat maskeran, apalagi di hari - hari menjelang deadline. Udah pasti lupa tuh! :))

5. Toner: Son & Park Beauty Water (for AM); The Ordinary "Glycolic Acid 7% Toning Solution" (for PM)
Berhubung toner dari The Ordinary yang saya pakai saat ini hanya untuk PM dan every other night aja; saya juga menggunakan Son & Park beauty water yang multifungsi ini sebagai pengganti toner di pagi hari dan first-step cleansing di malam hari. 




6. Essence: Saturday Skin "Daily Dew Hydrating Essence Mist"
Ini pertama kalinya saya membeli essence dan milih produk ini hanya karena packaging-nya yang lucu :)) Awalnya rada bingung juga sih begitu baca keterangan produknya yang "two-in-one toner and essence". Terus di website lain ada juga yang bilang kalo ini sebenernya essence prep, which is berarti ini bukan essence gitu? Well, apapun produk ini sebenernya *pasrah*, so far sih cocok aja di kulit. Lagipula, saya suka efeknya yang bikin segar sekaligus melembabkan setelah pemakaian exfoliator atau toner yang biasanya bikin wajah saya terasa kesat.

7. Serum: Sunday Riley "Juno" (for AM); Drunk Elephant "Night Bright Duo" (for PM)
Dari setahun lalu saya udah dibikin penasaran begitu melihat rekomendasi tentang Sunday Riley ini. Alhasil saya coba sebagai day serum karena night serum DE yang saya pakai belum abis (kaget juga sih karena udah dibeli dari empat bulan yang lalu tapi masih awet!)

8. Eye cream: Origins "GinZing" (for AM); The Ordinary "Caffeine Solution 5% + EGCG" (for PM)
Beberapa bulan lalu saya sempat menanyakan di Insta-story tentang rekomendasi buat mengurangi dark circles. Diantara berbagai rekomendasi yang saya dapatkan, kedua produk ini termasuk yang udah ada di dalam list saya dari sebelumnya. Berhubung pemakaian Origins Ginzing ini disarankan saat AM (dan berhubung juga saya anaknya BM), akhirnya The Ordinary ini dibeli buat pemakaian PM.

9. Moisturizer: Clinique "Moisture Surge 72-Hour Auto-Replenishing Hydrator"
Kalo produk yang satu ini udah dari 1.5 tahun lalu, ketika baru pertama kali coba moisturizer, sampai sekarang saya belum berpindah hati ke yang lain karena merasa udah cocok banget sih.

10. Sunscreen: The Body Shop "Vitamin E Moisture-Protect Emulsion" (for winter); Garnier "Ambre Solaire" (for other seasons)


Ternyata setelah dijalanin, 10-step skincare routine ini enggak seribet yang dibayangkan. Yaa, meskipun awalnya sempat bingung karena ada beberapa produk yang sekilas terlihat mirip, ada yang hanya digunakan saat waktu tertentu aja, dan ada juga yang multifungsi. Belum lagi mesti liat review sana - sini, terus pusing sendiri, dan ujungnya "yaudahlah dicoba aja dulu, kan efeknya enggak selalu sama buat tiap orang". Ha! Tapiii, setelah melewati berbagai tahapan tersebut, skincare routine ini malah jadi salah satu yang bikin saya semangat dalam menjalankan hari - hari saya, loh! Enggak tau sih apa karena baru sebulan jadinya masih semangat, hahah! Semoga aja enggak deh yaa! :)) 

3 Comments

  1. OMG, lengkap sekali kak Ozu. Eh kalau lagi di Indo aku kirimin brand skincare local yang aku handle donk. As a gift aja! Bukan apa-apa hihi. Biar kak Ozu nyobain produk local hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleeeh banget Erny! #anaknyamureh

      Soon aku bakalan ke Indo kok :D

      Delete
  2. aaaa suka banget liat foto2nya ka ozuuuu. btw liat review kakak soal drunk elephant jd kepingin :(

    ReplyDelete

Post a Comment