Vlogs for Ironing

Beberapa waktu lalu ada salah seorang teman menanyakan rekomendasi website atau blog yang masih saya ikuti atau rutin baca. Saat itu jawaban saya hanya berupa permintaan maaf karena enggak ada yang bisa saya rekomendasikan. Bukan karena enggak ada yang bagus, tetapi memang udah lamaaaa banget terakhir kali saya sengaja buka blog atau website untuk sekedar baca atau cari inspirasi seperti yang biasa saya lakukan (seenggaknya) hingga tiga tahun yang lalu. Ditambah blog yang biasa saya baca, termasuk punya beberapa teman blogger lainnya, juga udah enggak aktif lagi. Sejujurnya sempat sedih juga sih karena selain saya sendiri udah jarang banget nulis di blog, interest saya untuk baca blog orang lain pun juga udah hampir enggak ada. 

Tapi enggak bisa disangkal juga kalo semakin ke sini hampir semua konsumsi konten kita memang berubah jadi lebih ke visual terutama yang berbasis video. Ini bukan suatu hal yang bisa dibanggakan sih, tapi jujur banget, menghabiskan sebagian besar waktu senggang saya dengan rebahan di sofa sambil nonton film dan series di VoD langganan atau scrolling vlog di Youtube adalah salah satu kebiasaan yang intensitasnya meningkat pesat sejak awal pandemi dan akhirnya keterusan sampai sekarang. Apalagi dengan semakin banyak vlogger yang punya konten tanpa harus sebentar - bentar nunjukkin mukanya dan sinematografi menarik, kehadiran vlog jauh bisa lebih menyenangkan ketimbang hanya membaca tulisan dan foto - foto yang terpampang di blog. Loh, kalo gitu kenapa saya masih nulis blogpost ini? yaa karena selain udah cukup lama kepikiran buat nulis ini, biar gimana pun juga blog ini masih menjadi "safe space" saya buat menulis ketimbang platform lainnya hehe. 

Bukan cuma berubah dari blog ke vlog, tapi konten yang saya konsumsi selama tiga tahun terakhir ini juga ikutan berubah. Sebelumnya saya lebih sering mengikuti travel dan fashion blog, tapi sekarang seputar masak - memasak dan home decor. Memang yaa usia itu enggak boong, beneran berasa banget perubahan interest & hobi saya ketika 20 something dan 30 something! :') Lucunya lagi, kalo cooking vlog kan biasanya yaaa pasti untuk cari inspirasi kalo lagi BM masak dan baking. Nah kalo personal vlog dan home decor, selain cocok ditonton saat leyeh - leyeh dan lagi pengen relaxing, ternyata bisa juga bikin semangat loh ketika lagi mengerjakan hal yang sebenernya bikin males... kaya nyetrika misalnya! 

Buat saya pribadi, saat menyetrika itu kan butuh fokus juga ya, jadi kalo nonton film atau series justru jadinya enggak fokus kedua - duanya. Sementara ada beberapa konten vlog yang santai, jadi engga masalah begitu ada beberapa bagian yang kelewat karena lagi fokus nyetrika. Dan anehnya, dengan nyetrika sambil nonton vlog tersebut malah bikin waktu nyetrika saya jadi momen me time juga; padahal sebelumnya selalu menganggap nyetrika itu chore terberat! :') Eh tapi ini balik lagi ke prefensi masing - masing orang yaa. But for now, lesssgooo beberapa rekomendasi dari saya buat kalian yang lagi bosen nonton vlog itu - itu aja atau barangkali butuh teman di kala nyetrika juga :))

  • Hokuoh Kurashi No Douguten
My Fav Playlist: Kitchen for Singles & Morning Routine  
Thanks to Youtube algorithm, suatu hari di pertengahan tahun lalu tiba - tiba sebuah vlog dari rangkaian short series Kitchen for Singles muncul di feed saya. Begitu nonton beberapa episode, saya langsung post di Instastory saking sukanya dan excited buat share ke yang lain. Eh enggak disangka - sangka, banyak yang tertarik juga! Intinya sih menceritakan tentang daily life seorang perempuan muda yang suka memasak di apartemen kecilnya. Jadi memang fokus utamanya tentang berbagi resepnya meski tbh saya engga tertarik  karena makanannya terlihat bland dan justru lebih tertarik dengan sinematografi, outfit, dan dekorasinya yang gemes dan sangat memanjakan mata. Semenjak itu saya penasaran dengan playlist Hokuoh lainnya dan jadinya malah ketagihan nonton Morning Routine. 

Sesuai namanya, vlog ini menceritakan berbagai rutinitas dan kebiasaan para perempuan dan wanita Jepang di pagi hari. Sebenarnya konten seperti ini udah banyak yaa, tapi yang membuat Morning Routine ini menarik dan berbeda adalah background tempat tinggalnya yang distinctive dan enggak melulu harus rumah yang besar, tapi bisa berupa studio apartemen bahkan toko kecil pun ada. Enggak usah ditanya soal dekornya lah yaa, kayanya dekor yang estetik udah jadi hal yang wajib! Dan yang juga bikin menarik adalah shot-nya yang dibuat ala dokumenter tapi tetep apik dan cantik. Cumaaan sayangnya engga ada English subtitle-nya. Sad banget! Meskipun tetep bisa paham mereka ngapain aja, akan lebih enak kalo juga paham apa yang mereka lagi omongin kaan :(

  • Hige and Me

Untuk channel yang ini, butuh waktu lama untuk akhirnya saya kunjungi. Jadi semenjak tontonan saya kebanyakan adalah home decor, akhirnya semakin banyak juga dong rekomendasi seputar itu. Nah begitu ada thumbnail yang muncul di feed saya persis seperti yang terlihat di video atas, saya diemin aja karena mikirnya "ah palingan sama aja nih kaya konten room tour yang lain". Tapi karena muncul terus even setelah beberapa lama, akhirnya saya coba buka dan langsung subscribe setelahnya!  

Bagi saya yang paling bikin addicted to this channel adalah kesamaan interest yang dimiliki saya dan mereka. Vlog ini tentang pasangan muda yang suka menceritakan kegiatan akhir pekan mereka entah di apartemen kecil mereka (yang kelihatan super cozy!!) atau ketika jalan - jalan di Tokyo dan kota Jepang lainnya. Pemilihan tempat - tempat yang mereka kunjungi dan aktifitas yang mereka lakukan itu sebagian besarnya cocok dengan taste saya, But then, it's Japan afterall, segala tempat dan kegiatan di sana kayanya enggak ada yang fail enggak sih? Lumayan bisa jadi referensi kalo kapan - kapan main ke Jepang lagi ;) Oh iya, poin plus lainnya, selama nonton video mereka ini saya enggak merasa "dibuat - buat". Jadi segalanya terlihat natural aja; yang mana jarang saya temui di vlog serupa lainnya. 

  • Vogue France

Kalo lagi bosen sama kedua vlog sebelumnya, dua playlist dari Vogue France ini lumayan banget jadi refreshment karena karakter orang Jepang dan Perancis yang berbeda banget, termasuk gaya dekorasi dan fashion mereka. Playlist yang pertama, 7 Days, 7 Looks, sesuai namanya, ini nunjukkin outfit para model dan selebriti selama seminggu. Favorit saya pribadi sih outfitnya Camille Rowe, Jeanne Damas, dan Sadie Sink. Btw, playlist ini juga dibikin di channel lainnya kaya Vogue, British Vogue dan Japan Vogue. Jadi kalo kurang cocok dengan yang ada di Vogue France, bisa cekidot Vogue yang lain.      

Playlist favorit saya satu lagi adalah Une Fille, Un Style aka one girl, one style. Yang satu ini sebenernya kurang lebih sama dengan konsep Morning Routine-nya Hokuoh. Basically tentang house/apartment tour tapi disisipin dengan personal touch berupa cerita dari si pemiliknya. Berhubung para ownernya adalah French artist, jadi lebih banyak cerita seputar artwork, baik karya mereka sendiri maupun yang menjadi inspirasi mereka. Tapi di beberapa vlog juga ada yang cerita tentang outfit dan personal style mereka. Nah variasi antara satu vlog dengan lainnya ini lah yang bikin playlist ini enggak bosen.  

  • Etc
Sebagian besar vlog yang udah saya mention tadi sebenarnya udah pada saya tonton semua. Nah ada masanya mereka belum publish vlog terbaru dan di situ lah saya juga mampir ke beberapa channel dan playlist lainnya. Beberapa rekomendasi adalah Her 86 m2 terutama playlist Slice of Her Life, yang etiap nonton vlog dari channel ini selalu bikin kangen masa - masa traveling di Eropa dan juga meningkatkan hasrat pengen ngabisin waktu tua nanti di daerah rural. Ada juga Modern House dengan playlist mereka 7 Wonders dan House & Garden terutama playlist Design Notes dan A Slice of Life yang semuanya manjain mata juga dengan home decornya. 

Sekian rekomendasi receh saya, semoga bisa bikin waktu nyetrika kalian bisa (semakin) menyenangkan! 💖 

0 Comments