Cuplikan Terakhir tentang Sumba: Highlights Perjalanan Kami

Perjalanan di hari ketiga dan keempat ini sebenarnya yang paling berkesan secara lokasi, karena medannya jauh lebih menantang ketimbang destinasi - destinasi sebelumnya. Not to mention, kedua destinasi ini cantiiiik banget. Enggak terhitung berapa kali saya dan Ican berucap syukur karena mendapatkan kesempatan untuk melihat langsung sisi lain dari Sumba.


Air Terjun Tanggedu

Destinasi yang paling berkesan menurut saya adalah Air Terjun Tanggedu. Wah, ini medannya paling kacau sih. Perjalanan dari pusat kota ke tempat parkirnya aja sekitar tiga jam sendiri, ditambah jalanannya yang bikin loncat - loncat di dalam mobil (saking berbatuannya). Kami juga melewati jalan kecil yang pas - pasan dilalui dua mobil, dan sampingnya langsung jurang! Belum lagi dari tempat parkir menuju air terjunnya harus berjalan kaki sekitar 30 menit. Jaraknya sih enggak terlalu masalah ya, tapi jalanannya yang menanjak, melewati sungai, dan ada yang lebarnya hanya satu telapak kaki; itu yang bikin deg - degan! Tapi begitu melihat tempatnya... saya cuma bisa ternganga. Selama ini saya kira tempat - tempat di film Pocahontas dan Lion King itu cuma imajinasi manusia, tapi ternyata beneran ada tempat yang too good to be true di Indonesia :'""")  Puas banget, banget, banget karena beberapa jam menghabiskan berenang dan mengeksplore tempat ini, kami cuma ditemani oleh warga lokal. Berasa tempatnya milik sendiri gitu! Hanya ada ibu - ibu dan bapak penjual kelapa dan mie, serta beberapa anak kecil yang ikutan menyebur. Kata Bang Jo, tempat ini memang enggak sering dikunjungi wisatawan seperti destinasi lainnya yang kami kunjungi. Salah satu alasannya ya karena medannya yang berat itu. Cuma beneran deh, kalo kamu punya tenaga, ketika ke Sumba, wajib banget datang ke sini! All these pictures below don't do it justice at all. Oh iya, meskipun saya enggak masukin foto pemandangan selama perjalanan menuju Air Terjun Tanggedu, mereka juga enggak kalah cantiknya. Pokoknya kamu mesti datang sendiri ke sana buat melihat langsung betapa luar biasanya Tanah Sumba ini.

Foto di sini diambil dengan iPhone, jadi harap dimaklumi resolusinya kurang bagus begitu ditampilkan sebesar ini :))


Kiri: Area berenang cuma di bagian atas air terjun karena arus di bagian bawah terlalu deras. 
Kanan: bilik kayu sederhana untuk tempat ganti baju



Takjub banget begitu tau ibu ini serta kedua bapak dan ibu lainnya yang juga sudah berusia, setiap hari membawa beberapa kelapa muda dan barang - barang dagangan mereka dari rumah mereka ke tempat ini!   




Air Terjun Waimarang

Nah, kalo yang ini favoritnya Ican (kalo saya sampai sekarang masih enggak bisa milih setiap ditanya lebih suka Tanggedu atau Waimarang). Selain tempatnya bagus banget - it's like a piece of heaven in Indonesia, berenang di Air Terjun Waimarang juga lebih nyaman karena bentuknya yang berupa cekungan penuh membuat beneran mirip seperti kolam renang. Hal ini berbeda dari Tanggedu yang meskipun lebih luas, tapi terbagi menjadi beberapa kolam kecil. Belum lagi ada beberapa bagian kolam di Tanggedu yang cukup berbahaya kalo enggak hati - hati, karena ada bagian yang menjorok ke dalam. Bagi saya yang berenangnya enggak sejago Ican, sebenernya lebih enak di Tanggedu karena lebih kecil. Sedangkan di Waimarang, saya cuma bisa berenang di pinggir, karena kalau ke tengah udah pasti langsung kelelep :)) TAPI, yang Tanggedu enggak punya adalah sensasi meloncat dari tebing tinggi. Wah, itu rasanya puassss banget! Walaupun rada deg - degan juga sewaktu memanjat dinding - dinding tebing ketika menuju puncak air terjun. Selain melompat, alasan lainnya yang bikin kamu mesti nyoba buat manjat ke balik si air terjunnya adalah "harta karun" yang ada di baliknya. Begitu sampai ke atasnya, langsung mengingatkan saya dengan salah satu scene di Lion King dan The Jungle Book! Another dreams come true. Sebuah kolam kecil yang mana bagian atasnya ditutupi oleh rerimbunan daun hijau, sehingga hanya secercah cahaya matahari yang menembus ke kolam. Duh, itu rasanya tekanan se-jiwa-raga langsung lepas semua begitu masuk ke kolam sambil terkena paparan cahaya matahari :")


One thing you MUST try when visiting Waimarang: jump off the waterfall 

Hidden gems behind the waterfall! 



Pantai Walakiri

Saya agak ragu sebenarnya ketika memasukkan ini, karena pantai ini biasa aja sih ketimbang kedua destinasi sebelumnya. Enggak se-wah yang terlihat di foto - foto - yang sejujurnya itu semua hanyalah trik fotografi semata :)) But who can't resist watching a sunset at the beach? Not me. Bolehlah buat dikunjungi kalau kamu masih ada waktu dan penasaran dengan matahari terbenam di Pantai Walakiri.



Oh iya, saya juga mengedit beberapa video yang saya ambil ketika di Sumba. Selain untuk kepentingan pribadi, ini juga bisa jadi gambaran buat kamu yang ada rencana ke sana - supaya lebih yakin dan kebayang seperti apa di Sumba. Feel free kalau ada yang mau ditanyain seputar tour atau terkait do's and don'ts yaa! :)

8 Comments

  1. Cantikk bgt Kakak, smoga suatu saat aku bisa ke Sumba. 😍 Btw, aku suka editan videonya. 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, banget banget cantiknya! Aaamiin, semoga yaa bisa ke Sumba. Makasih! :)

      Delete
  2. ZUUU BAGUS BANGETTTTTTTTT!!! Ngeliat foto2nya aja udah begini, ga kebayang aslinya sebagus apa :') Walaupun tiap liat foto2 orang dari suatu tempat bawaannya selalu pengen ke sana juga, tapi ini bener2 lho jadi masuk bucket list, top priority. Ah semoga nanti ada kesempatan ke sana. Thank you for bringing me to Sumba when I'm stuck at home. Seger ngeliatnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangettt dix! Aslinya beribu kali lipat lebih bagus dari di foto (agak lebay sih ini hahah, tapi beneran sebagus ituuu). Harus ke sana dix kalo lagi ke indonesia. Apalagi buat yang suka pantai dan gunung kaya kamu, pasti suka banget sama sumba. Dua - duanya dapet!

      Samaa samaa dixie! Pleasure is mine :)

      Delete
  3. Ya ampuuuunnnnn, cantik-cantik banget huhuhuuhuhu. Tambah ngiler pengen ke Sumbaa :'D
    Terima kasih sudah menuliskan ini, Kak Ozuuuu ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, wajib banget ke sumba seenggaknya sekali seumur hidup. Secantik itu soalnya!! heheh.

      Samaa - samaa, andhira! :)

      Delete
  4. Pengen banget ke sana.😭😭. Blognya kakak juga bagus

    ReplyDelete

Post a Comment