January 21, 2014

Four Years

Akhirnyaaa setelah dua tahun saya bertahan dengan layout yang sama, hari ini saya mengubah layout blog saya! Zuper yaiy! Well, some of you might noticed that I actually had started changing the layout since last night. But because there were some problems, it didn't work well till this morning. Ceritanya sih karena saya sedang bosan dengan hari - hari saya dan bosan melihat layout blog saya yang itu - itu aja, saya butuh sesuatu yang bisa membuat saya senang. And here it is the result of my boringness! Ngomong - ngomong soal blog, jadi pengen cerita nih tentang awal mula kenapa seorang seperti saya yang anti social media, yang mana di saat orang - orang udah pada heboh buat account social media apapun, saya rasanya mager banget buatnya. Eh, sekarang malah jadi bisa bertahan dengan blog ini yang udah memasuki tahun keempat.

The very first header of my blog

Jadi ceritanya, di suatu siang yang terik pada bulan Agustus 2010, ketika saya sedang melakukan kerja praktek dan kebetulan saat itu lagi enggak ada kerjaan, tiba - tiba terbersit di pikiran saya untuk membuat blog pribadi. Niat awalnya sih supaya bisa jadi tempat curhat seperti layaknya diary *huehe*. Jadilah blog saya ini berisi tentang curhat dan keluhan saya. Sampai akhirnya salah satu pembaca blog saya, yaitu kakak saya sendiri, Ceniza, bilang ke saya kira - kira seperti ini "Zu, kok blog kamu isinya ngeluh mulu sih". Awalnya sih saya kesal dibilang gitu dan rasanya pengen bilang "Yee ini blog - blog aing, kumaha aing wae, mau ngeluh mau kaga" *sorry sistaah hahaha*. Tapi akhirnya saya enggak bilang gitu karena justru dengan ucapan kakak saya itu, saya jadi tersadarkan satu hal. Apalagi jaman sekarang yang udah sangat mudahnya mencari informasi dan terhubung ke berbagai website, sebuah blog enggak akan bisa dijadikan sebagai tempat curhatan pribadi. And now I'm strongly of the opinion that as long as you put your secret on the internet (whether it's blog or any other social media), it can never be a secret. Yaa, sebenarnya bisa aja sih selama enggak menyebutkan nama asli atau informasi pribadi lainnya mungkin enggak akan ketahuan. Tapi entah kenapa, instead of making my blog to be anonymous, I prefer to change the content. Jadi semenjak itu sampai sekarang saya selalu berusaha untuk enggak memberikan informasi yang terlalu personal, apalagi sampai mengeluh atau menceritakan masalah - masalah pribadi saya. Thank you, Un! 


A year later I changed the header again

Mungkin diantara kalian ada yang mulai bertanya-tanya kenapa sampai layout kedua, blog saya tulisannya "Nona Alleira". Ceritanya sih saat saya buat blog ini, saya sedang mengalami turning point, yang mana membuat saya ingin berubah menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Salah satu caranya adalah dengan membuat alter ego. Lalu terpikirlah nama Nona Alleira (miss Alleira). Entah kenapa, dari dulu sampai sekarang saya selalu suka dengan nama Alleira, yang memiliki arti "mempesona". Setelah dua tahun memakai nama Nona Alleira, saya memutuskan untuk memberikan nama blog saya dengan nama saya sendiri dan sekaligus mengganti layout blog saya menjadi lebih simpel. Lagi - lagi, alasan saya mengganti blog saya menjadi nama saya adalah karena kritikan dari pembaca blog saya, yaitu bunda saya sendiri. Beliau bilang kenapa saya enggak memakai nama sendiri. Alasan saya waktu itu adalah karena saya enggak pede memakai nama asli untuk dipajang di blog saya. Lalu setelah berbagai pertimbangan *asek*, akhirnya saya mengganti nama saya sendiri.


















Then, I change the name of my blog from "Nona Alleira" to my name "Nazura Gulfira"

I've learned many things from blogging. Blog adalah tempat saya mempunyai keberanian. Berani menjadi diri saya sendiri; berani menunjukkan kelemahan dan kelebihan saya; berani untuk mengutarakan apa yang ada di pikiran saya tanpa harus takut apa yang saya katakan salah, karena setiap saya menulis di blog ini saya pasti membaca berulang - ulang kali sebelum saya mempublikasikannya sampai yakin bahwa tulisan saya enggak akan saya sesali dan bukan hanya sekedar pelampiasan emosi sesaat. Bukan cuma itu, blog juga menjadi tempat saya untuk bisa lebih berani menyalurkan "hobi aneh saya". Saya bukan tipe orang yang suka foto diri saya sendiri baik selfie maupun foto sendiri ketika sedang berkunjung ke tempat - tempat tertentu. Tetapi ada satu hal yang bisa membuat saya mengakui bahwa well, I'm a bit narcissistic, yaitu hobi saya foto sambil bergaya dengan outfit saya yang menurut saya sedang cukup kece. Kalau kamu ikutin social media saya yang lain seperti Facebook atau Instagram, kamu bakal sadar bahwa saya sangat jarang ngepost outfit saya. Blog is the only place where I can show things that I wouldn't have shown in the other social media. Lalu karena menurut saya agak aneh kalau cuma foto saya terpampang di blog, jadilah saya buat seperti ala - ala fashion blogger dengan menyertakan label dari pakaian yang saya pakai (now, you know the reason behind it, don't you!) HAHAHA.


Finally, the simplest header ever! 

Someday, when I'm much older, I want to look back at those good and bad old days; to bring back those moments that are worth remembering; and to show my daughters about my life before they born. Itulah alasan utama saya kenapa sampai sekarang saya masih suka ngeblog.

Finally, I want to thank you (yes you!) for visiting my blog and reading my unimportant daily dose. Semoga enggak bosan - bosan yaaa untuk terus mengunjungi blog saya hihihi :3

6 comments:

  1. Eh, About Me-nya juga ganti ya?
    Bagus perubahannya, seems like lebih ceria daripada yang sebelumnya *sok tau* hihi
    Keep writing and posting awesome pics ya, Nazura ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasii yaaa. I'm delighted to hear it :D

      Delete
  2. Bahahha, maaf yaa uni suka ceplas-ceplos x)) Emang blog teh kumaha aing wee nya'. Nice layout..! Uni juga minggu lalu ganti header doang, pengen kayak si http://bleubirdblog.com/ sebetulnyaa, tapi ga nemu fontnya di PicMonkey uhuhuw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha gapapaa uun, tapi kan justru jadi menyadarkanku xixixii. Oh iya lucu tuh un font nya. atau ga coba cari2 aja disini kali aja adaa http://www.tumblr.com/tagged/font-pack.

      Delete
  3. Wooow... I love it.. I like the way you write..You are absolutely right, blog is blog..Don't make the blog as tempat curahan keluhan..Hal menarik dr blog adalah pembaca dpt insight baru, inspirasi,ide..yg bs jd akan dicopynya...blog jd salah satu sumber belajar..blog sekaligus media utk mengenal karakter seseorang lebih jauh...blok merepresentasikan personality seseorang...Excellent zuuuu... btw header yg bun suka adalah yang two circles . Kesannya mature..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buuuunnn -____- Bunda nyadar ga kalo bun comment masih pake account gmail aku dan jadinya kesannya aku sendiri yang comment hahahhaha. Thanks mom, anyway! oh iya si Gladyz juga bilang gtu, bagusan yang sebelumnya ya headernya. Tapi yaa gimana dong buun aku bosen pake yang itu, udah 2 tahun! hehe.

      Delete