March 21, 2017

My Favourite Things in Budapest

Satu hal yang paling saya suka dari Budapest selain kereta bawah tanah-nya adalah tentu aja, area di skitar Buda Castle, sebuah kastil yang terletak di atas bukit, yang saya yakini juga menjadi salah satu alasan dan hal favorit dari para pengunjung kota ini. Budapest memang bukanlah satu - satunya kota di Eropa yang memiliki dan terkenal akan kastil-nya, bahkan masih banyak kota lainnya yang memiliki kastil yang lebih terkenal akan kecantikannya. Tapi seenggaknya dari kota - kota yang pernah saya kunjungi sejauh ini, Buda Castle ini adalah favorit saya. Meskipun tetep aja sih enggak lepas dari kesan mistis (apalagi dengan legenda vampir di kastil ini), enggak membuat saya risih karena udah terlanjur jatuh hati dengan area di sekitarnya yang dipenuhi dengan bangunan dan rumah berbagai bentuk, warna, dan motif yang berbeda. Memiliki kesempatan untuk mengunjunginya di saat matahari sedang bersinar terang tanpa hujan turun setetes-pun, membuat kunjungan saya ke tempat ini semakin terasa menyenangkan (yang mungkin kalau saya berkunjung di saat lagi mendung, hujan, dan sore hari bisa jadi persepsi saya akan berubah 180 derajat, haha!).











Hal lainnya yang menjadi highlights dari perjalanan kami ke kota ini adalah Urania National Film Theater, sebuah bioskop paling cantik yang pernah saya kunjungi, dengan interior mewah serta auditorium elegant yang lebih mirip sebagai tempat teater atau opera. Ternyata memang tempat ini awalnya dibangun sebagai nightclub, kemudian menjadi tempat untuk mengadakan kuliah popular science, hingga akhirnya menjadi bioskop yang menayangkan berbagai varian film dari  Hollywood blockbusters sampai film festival. Hari itu saya dan Gladyz memilih Brooklyn, tentang perjuangan seorang wanita muda asal Irlandia yang pindah ke Brooklyn untuk mencari pekerjaan dan kehidupan yang lebih baik. Enggak heran kalau film ternyata masuk nominasi di Sundance Film Festival dan berhasil memenangkan BAFTA Award, karena menurut saya memang pantas saat melihat cerita yang sederhana dikemas dalam sinematografi yang memanjakan mata, dan tentunya kembali melihat akting Saoirse Ronan selain di Atonement dan Grand Budapest Hotel. Nah, yang bikin saya semakin suka dengan tempat ini adalah harga tiket-nya yang sangat murah, yaitu 1000 Ft atau sama dengan 3 Euro - dimana harganya sepertiga dari bioskop yang ada di Inggris maupun Belanda! Tapi memang enggak bisa dibandingkan sih, karena secara umum pun biaya hidup di Hungary kan juga berbeda yaa dengan kedua negara tersebut :)) 








Hal terakhir ini sih sebenarnya enggak hanya saya alami di Budapest, tapi di setiap kota yang saya kunjungi, entah di Eropa, Asia, maupun di belahan dunia lainnya yang pernah saya kunjungi: jalan, ruang kota dan ruang publik. Pada dasarnya saya memang suka dengan pemandangan yang saya dapat ketika berjalan kaki menyusuri sudut - sudut kota, karena hanya dengan begitu saya bisa mendapatkan dan meresapi suasana di kota tersebut. Bukan cuma itu, kebanyakan foto - foto menarik justru sering saya dapatkan di jalan dan tempat - tempat publik yang enggak terduga. Bahkan hingga saat ini pun yang paling sering saya ingat dari berbagai kota yang saya kunjungi, termasuk Budapest (lebih tepatnya sih bagian Pest yang saya eksplore dalam dua hari dan bukan hanya ke tempat wisata) adalah suasana jalanannya yang saya lalui saat berjalan kaki keliling kota. 






1 comment:

  1. Seru banget ke Budapest. Sejauh ini kotanya aman enggak mbak? Kalau enggak harus siap-siap bawa gembok koper nih hehe

    ReplyDelete