June 30, 2017

#ROH 68 : Film Rolls

Seminggu yang lalu saat lagi beberes kamar tiba - tiba aja kepikiran pengen membuka salah satu box yang isinya barang - barang lama. Eh, ternyata ada beberapa rol film yang sebenarnya udah lamaaa banget pengen saya cuci tapi enggak disempet - sempetin sampai akhirnya tersimpan entah hingga berapa tahun lamanya. Kebetulan, belakangan ini saya memang lagi kangen banget main sama kamera, terutama analog dan lomo. I must admit that sometimes being an adult makes me forget about life's little pleasures. Jadi ketika menemukan rol film ini bawaannya seneng banget, berasa langsung kaya jadi diri saya saat masih muda dulu yang selalu enggak sabar pengen segera bawa rol film yang saya punya ke Seni Abadi, tempat langganan untuk mencuci rol film dari masa muda dulu #eaaa. Maklum deh, dalam hati saya pun penasaran.... sebenarnya ini rol dari jaman kapan, sih?! :))


Begitu tadi siang saya ambil hasil fotonya, pertama kali melihatnya saya malah terkaget - kaget sendiri. Iyalah, enggak nyangka banget ternyata rol film tersebut berasal dari tahun yang berbeda - beda. Mulai dari jamannya masih kuliah di Bandung tahun 2011, lalu ketika musim panas tahun 2013 saat masih kuliah di UK, dilanjutkan dengan mengunjungi kakak perempuan saya di US pada tahun 2014, hingga yang terakhir adalah tahun 2015 ketika sedang berlibur ke Gili Trawangan. Enggak paham lagi dengan diri saya sendiri, kenapa bisa ada rol yang belum diproses dalam kurun waktu selama itu, hingga lebih dari enam tahun lamanya. Haha! 

Meskipun cukup sedih juga karena enggak semua foto ternyata hasilnya bagus, bagi saya salah satu kebahagiaan sederhana yang udah cukup lama saya lupakan adalah ketika menunggu film diproses dengan perasaan deg - degan, dan kemudian dibuat heran sekaligus lega begitu melihat hasilnya. To be able to shoot things without thinking and be amazed by the results, is what makes me believe that films will never be dead nor be replaced by any digital cameras and editing apps











6 comments:

  1. Kak, pakenya kamera apaa kalo boleh tauuu ? :)))

    ReplyDelete
  2. suka banget sama hasil fotonyaaa😍 , btw ka ada kerumitan tersendiri ga pas pake kamera film? tertarik nyoba juga nih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih yaa Nadhira :)

      Hmm awalnya aja sih yang ribet karena msh blm terbiasa dgn cara kerja si kamera2 itu, jadi sering kebakar filmnya.. tapi pas udah bbrp kali make jadi udah terbiasa kok. Iyaa coba dehh, seru kok :D

      Delete