Reproduction of Happiness #84: New Blog Theme

Setelah melewati ribuan purnama dan ratusan wacana, AKHIRNYA hari ini saya memberanikan diri buat mengubah template blog ini. Entah ada angin apa malam ini di Rotterdam, tiba - tiba aja setelah submit full-paper buat sebuah conference yang saya hadiri di awal bulan ini, saya iseng membuka promo Black Friday di Etsy dan berujung nyangkut di bagian "Blogger Template". Sebenernya sih harga dan diskonnya enggak seberapa, cuma melihat berbagai template yang BEGITU menarik, seketika saya yakin bahwa ini saatnya untuk mengganti blog theme saya setelah beberapa tahun (bahkan saya enggak inget dong kapan terakhir kali ganti) menggunakan theme sebelumnya yang saya beli juga di Etsy juga.

"Baiklah, mari implementasikan wacana yang tertunda sekian lama!" 

Batin saya begitu melihat theme dari @shopgabrielamelo yang sumpah gemesin banget semuanya! Saya sampai butuh waktu hampir sejam cuma buat menentukan theme mana yang mesti saya beli, antara Vanilla (yang akhirnya saya pakai sekarang) atau Alpaca. Saat itu seolah - olah rasa takut saya selama ini akan kemungkinan adanya hal - hal yang enggak diharapkan setelah mencoba ganti theme, seperti misalnya tampilan blog saya malah jadi jelek atau berantakan, langsung hilang aja gitu. Maklum deh, saya orangnya gaptek + ceroboh + parnoan. Paket lengkap, kan! Daaan alhamdulillah, untungnya sampai sekarang blog saya masih terlihat baik - baik aja :))


Oh iya ada beberapa hal baru yang saya suka dari theme ini, selain tentunya tampilannya yang lebih attractive tapi tetap simple.

1. The "Read More" Link 

Mungkin kalian yang follow saya di Instagram sempat melihat di Insta Story saya beberapa bulan lalu tentang kegalauan buat ganti theme. Bukan cuma bosen, tapi saya merasa kalau blog saya ini kurang user friendly dan less accessible ketimbang beberapa blog lainnya. Salah satunya adalah tampilan setiap blog post yang dibiarkan "terbuka lebar" (aslik, saya enggak tau istilahnya apa ini tapi paham kan maksudnya hahaha), padahal belum tentu setiap pembaca blog saya tertarik buat membaca setiap postingan tersebut. Meskipun sebenarnya untuk tampilan di hp atau tab, saya setting blog ini dengan "Read More" link yang disediakan oleh Blogspot, sehingga tampilannya lebih sederhana dan ringkas... tapi di sisi lain, (personally bagi saya) tampilan tersebut terlihat kurang menarik.




2. Easy Access to Old Posts 

Hal lainnya adalah terkait dengan fitur yang bisa mengakses current blog post dengan previous posts. Di blog saya sebelumnya, buat mengakses blog post lama harus dilakukan secara manual melalui categories atau archive. Jujur, sebelumnya saya enggak merasa ada urgensi untuk membuat para pembaca bisa mengakses blog posts lama karena blog ini utamanya memang buat dokumentasi pribadi saya. Alhamdulillah aja ternyata ada yang baca, hehe! Hingga akhirnya semakin kesini saya beberapa kali mendapatkan direct message dari para pembaca blog saya yang ternyata baru menemukan blog saya, alias mereka pembaca baru. Dari situ saya mulai mikir untuk mengganti theme yang secara otomatis bisa linking new posts to old posts buat memudahkan para pembaca baru. Siapa tau aja kan blog post saya sebelum - sebelumnya ternyata menarik dan bermanfaat bagi para mereka :3




3. The Dropdown-Levels Menu

Satu hal lagi yang udah lamaaa banget saya pengen ada di blog ini adalah menu dengan dropdown-levels supaya memudahkan para pembaca ketika mereka lagi mencari informasi yang jumlah postingannya cukup banyak, seperti travel categories atau blog post series tertentu. Sebenarnya di blog sebelumnya juga menyediakan categories di sidebar, tapi bagi saya masih terasa kurang convenient. Selain karena tampilannya berupa list yang panjang, setelah masuk ke dalam kategori tertentu dengan blog post cukup banyak pembaca harus tetap mengklik manual ke halaman sebelum - sebelumnya. Paling terasanya sih setiap kali saya berkunjung ke blog Carrie yang menyediakan navigation tool dengan mudah dan tampilan yang menarik. Langsung merasa blog w kok enggak sans banget :))




Terlepas dari semua alasan itu, saya memang udah merasa saatnya blog ini butuh direfresh dengan tampilan baru yang berbeda dari sebelumnya. Supaya saya semakin semangat blogging, dan tentunya semakin menyenangkan hati pembacanya. Enggak tau sih gimana kamu, tapi bagi saya, setiap melihat blog yang sering saya baca ternyata punya tampilan baru juga memberikan kesenangan tersendiri :)

SO, PLEASE WELCOME THE NEW  Nazura Gulfira ! I hope you like and enjoy it as much as I do :"""""""") 

11 Comments

  1. Turut senang ya kak Ozu! (maaf sok akrab hehe) tapi aku juga ngerasain sih salah satu alasan semangat blogging karena templatenya yang lucu-lucu (remeh banget asli) karena menurutku punya personal space yang bisa kita "dekor" sedemikian rupa sesuai apa yang kita itu menyenangkan dan nambah semangat buat nulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Galih! Iyaa bener bangeeet, blog itu ibarat kamar sendiri dimana kita bisa bebas buat ngedekor dan ngatur sesuka kita. jadi kalo keliatan bagus dan rapih jadi seneng sendiri :))

      Delete
  2. Ku kaget karena tampilannya bener-bener lebih imut, serasa cuci mata kak wkwk

    ReplyDelete
  3. aku suka new theme-nya! entah kenapa kesannya jadi cute banget dan jadi gampang kalo mau liat foto-foto lama ka ozu hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeay! thanks chaa! ku senengg bukan cuma aku doang yg suka theme ini hihii <3

      Delete
  4. Aaaah suka tampilan barunya, apalagi ketemu sama foto-fotonya kak ozu yang bagus bagus itu, rasanya makin cucok lah~ <3

    ReplyDelete
  5. Aku seneeeng sama template barumu ini. Manis dan nyaman gitu. alias user friendly. Jadi betah bacain pos satu dengan yg lainnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uuu, makasih Erny! Aku juga seneng denger kamu makin betah baca blog aku hihihi X)

      Delete
  6. Aku nggak tahu theme sebelumnya seperti apa, tapi template yang sekarang oke loh. Jadi bikin betah baca tulisannya kakak. :)

    ReplyDelete

Post a Comment