Reproduction of Happiness #87: Easy Recipes

Mungkin keliatannya saya tipe orang yang suka keluar dari comfort zone, padahal aslinya saya ini kalo udah stick sama satu hal akan fokus ke hal itu aja. Mulai dari warna hijab yang dipake, rute yang dipilih buat sepedaan, genre film atau drama yang sedang ditonton, buku yang dibaca, kelas olahraga yang diambil, hingga menu makanan yang dibuat. Baru deh kalo udah mencapai satu titik di mana saya bosen sendiri dengan kemonotonan tersebut, saya tergerak untuk keluar dari comfort zone saya. Seperti belakangan ini ketika saya lagi butuh sesuatu yang menyegarkan mood dan pikiran, salah satu yang saya lakukan adalah mencoba resep baru yang belum pernah dicoba sebelumnya. Namun saya sepenuhnya sadar dengan keterbatasan bakat dan skill di dunia masak memasak, maka saya pilih resep yang mudah-murah-meriah aja supaya hasilnya anti gagal. Yang penting perut kenyang, hati senang, pikiran tenang! :))


Egg-based Recipes

Egg benedict with Hollandaise sauce 

Seminggu ini pikiran saya lagi kemana - mana banget, jadi susah buat fokus ngerjain disertasi. Biasanya saya tetep fokus aja ngerjain, tapi kali ini saya coba let it go, alias yaudah kalo emang lagi enggak bisa fokus yaa enggak usah dipaksa toh. Lebih baik coba ngerjain hal - hal lain yang bikin pikiran saya kembali tenang, maka dengan begitu saya bisa kembali fokus ke riset saya. Salah satu hal yang ngebantu saya kembali mendapatkan mindfulness adalah nonton food vloggers. Bukan hanya berujung menenangkan pikiran tapi juga bikin saya pengen coba berbagai resep baru. Apalagi ternyata banyak resep yang saya kira awalnya susah tapi ternyata pas nonton vloggers tersebut saya langsung bergumam, "aaah gitu doang toh bikinnya", dan akhirnya bikin semangat mencoba. Salah satu vlogger yang saya suka adalah Wife's Cuisine. Dari berbagai resep yang menggiurkan, saya coba bikin egg benedict karena lebih simpel ketimbang resep lainnya yang saya temui. Hasilnya? Wah seketika saya terlihat seperti orang - orang yang berbakat masak, ya? :p

Original recipe: Wife's Cuisine

Note: 
  • Berhubung saya bikin porsi cuma buat satu orang, ada beberapa modifikasi terutama di takaran untuk membuat Hollandaise sauce, yaitu menjadi:
    • 1 buah yolk (kuning telur) 
    • 1 sdt mentega
    • 1/2 sdt full cream (kalo kurang kental bisa ditambahkan sedikit)
    • 1/2 sdt perasan lemon (tergantung selera)
    • salt & pepper (tergantung selera)



Cheesy baked egg toast 

Gara - gara ngeliat salah satu postingan saya ketika makan baked egg toast di Osaka, mendadak saya jadi pengen buat sendiri. Soalnya gemes liat telurnya yang terlihat sempurna. Eh pas dicari resepnya, ternyata bikinnya super gampang dan semua bahan yang dibutuhkan sudah tersedia karena memang bahan - bahannya sangat basic. Telur. Roti. Mentega. Keju parut. Salt & Pepper. Parsley. Bawang putih. Dan semenjak berhasil coba bikin sendiri, saya langsung masukkin sebagai salah satu menu buat sarapan.

Original recipe: saya lupa nama blog pertama yang saya jadikan referensi, tapi akhirnya nemuin blog ini yang sama persis dengan resep di blog sebelumnya.

Note: 
  • Untuk menambah rasa, saya juga masukkan satu buah minced garlic ke dalam mentega sebelum dioleskan ke pinggir roti 
  • Untuk mendapatkan keju yang lebih garing, saya gunakan keju khusus untuk oven dan proses baking antara 10 - 15 menit di 250°C
  • Kalo roti yang digunakan udah tebal, maka cukup menggunakan satu slice saja
  • Bisa juga coba memakai roti putih yang fluffy ketimbang roti gandum, kayanya hasilnya akan lebih enak ;)


Rice-based Recipes

Japanese chicken katsu curry 

Kalo menu yang satu ini sebenarnya udah lama pengen saya coba, cuma belum ada niat yang kuat buat merealisasikannya. Selain karena saya kangen sama Japanese curry, saya juga penasaran dengan hasil dari Golden Curry. Setiap kali ngeliat gambar di kotaknya bikin saya ngiler karena keliatan enak banget gitu enggak sih, dengan efek shiny-nya. Ha! Akhirnya saya beli deh setelah minggu belanja ke Oriental Asian Store dan mata saya kembali tertuju dengan kotak si Golden Curry ini. Ternyata hasilnya memang terlihat seperti gambar yang ada di packaging-nya loh, ada efek shiny- shiny gitu :)) Not to mention, rasanya juga enak!

Original recipe: Chopstick Chronicles

Note: 
  • Berhubung saya enggak suka daging merah, saya ganti dagingnya dengan chicken katsu
  • Next time saya mau coba sesuai resep ala Japanese yaitu menggunakan madu dan parutan apel. Awalnya saya ragu karena takut rasanya enggak cocok di lidah tapi ternyata tanpa memasukkan keduanya malah bikin rasa kari-nya terlalu strong buat saya dan ngerasa ada sesuatu yang kurang :))




Tuna burrito 

Salah satu keuntungan tinggal di Belanda adalah kamu bisa dengan mudahnya menemukan berbagai jenis bahan makanan dari berbagai negara. Kalo lagi BM, saya bisa loh menghabiskan waktu sejam di supermarket buat menentukan menu makanan just because tiba - tiba kepikiran bikin menu ini-itu saat ngeliat rak bahan makanan terutama dari Meksiko dan Italia. Biasanya buat Mexican food saya paling suka bikin wrap atau tacos, karena selain mudah dan cepat, filling-nya juga bisa dibikin variasi supaya enggak bosen. Tapi begitu melihat video dari Honeykki, food vlogger yang juga jadi favorit saya, mendadak jadi pengen coba bikin burrito. Alasan utamanya sih karena pengen menghabiskan canned tuna sebelum expired, eh, sekalian deh nyobain menu baru X)

Original recipe: Honeykki

Note: 
  • Instead of using tomato sauce, saya menggunakan Burrito seasoning
  • Selain bikin burrito yang dipanggang (supaya kejunya meleleh), saya juga bikin versi yang tanpa dipanggang dengan menambahkan selada sebagai filling 



Milk-based Recipes

Hokkaido Milk Pudding 

Saya ini orangnya mudah banget ngiler kalo liat makanan, entah saat nonton K-drama atau lagi scrolling di Instagram. Seperti misalnya sekitar sebulan yang lalu, salah seorang teman posting Hokkaido Milk Pudding yang baru aja dibuatnya. Sumpah ya, setelah itu saya kepikiran terus semalaman dan akhirnya langsung bikin juga keesokkan harinya. Haha! Apalagi pas baca resepnya terlihat mudah banget (dan memang beneran semudah itu!).  

Original recipe: Saskia Salmana (Fyi, ini bukan pertama kalinya saya dibuat ngiler oleh Saski karena hampir setiap masakan yang Saski upload selalu mouth-watering. Luv!)

Note: 
  • Ketimbang menggunakan condensed milk, saya menggunakan whipped cream cair
  • Saat pertama kali nyoba bikin, saya enggak menggunakan caramel sauce. Tapi kali ini saya coba bikin, dan ternyata saya tetep lebih suka tanpa caramel (balik lagi ke selera yaa!)



Mushroom Cream Soup 

Hampir setiap malam selama musim dingin ini saya bawaannya pengen makan yang anget - anget dan berkuah. Dan menu yang paling mudah + comforting adalah sup. Favorit saya adalah sup jagung bayam, sup wortel-buncis-kentang, potato cream soup, dan carrot cream soup. Tapi ada satu nih yang dari dulu belum pernah saya coba bikin from scratch adalah mushroom cream soup! Padahal saya sering membuat masakan berbahan dasar jamur, namun entah kenapa enggak pernah kepikiran buat mushroom cream soup. Sampai akhirnya enggak sengaja melihat di salah satu video Wife's Cuisine, langsung deh coba bikin sekalian menghabiskan mushroom yang udah dibeli dari seminggu lalu. Cucok buat dinner, apalagi kalo ditemani dengan garlic bread. Nikmat!

Original recipeWife's Cuisine

Note: 
Berhubung saya enggak punya hand-blender jadinya saya menggunakan blender biasa. Nah, untuk mempermudah proses saat blending, saya juga masukkan sedikit (kurang lebih 20 - 30ml) heavy cream. Nanti ketika sudah selesai diblend dan kembali dimasak, saya hanya masukkan susu cair tanpa disertai heavy cream. Tapi ini sesuai selera sih, kalo kamu suka hasil yang lebih creamy, bisa ditambahkan heavy cream sesuai takaran yang diinginkan.


6 Comments

  1. Aduh, ngiler banget liat egg benedict dan pudingnya, fix sih ini langsung bikin besok!
    Hahahaa, thanks inspirasinya ozuuu. Fotonya gemes, bagus banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah, makasih miraaa! Kalo udah ngiler emang mesti dibuat segera biar ga terus kepikiran hihi. Selamat mencoba, miraa! X)

      Delete
  2. aku juga subscribe honeykki. suka cara dy masak dan vidionya bagus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, enggak cm sekedar masak tapi ada personal touch-nya juga. itu yang bikin makin seneng liat video2nya <3

      Delete
  3. Salam kenal mbak,fotonya bagus bagus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mbaa. makasih yaa udah berkunjung ke blog aku :)

      Delete

Post a Comment