November 04, 2015

#ROH 1: Meeting New People

Saya termasuk orang yang beruntung saat kuliah dulu pernah berada diantara orang - orang dan lingkungan yang membuat saya untuk aktif terlibat di berbagai kegiatan kepanitiaan dan organisasi. Karena saya yang dulunya cenderung sulit untuk beradaptasi, sekarang jadi mulai terbiasa bertemu dan menghadapi berbagai orang - orang baru untuk masuk ke dalam hidup saya dan menjalin pertemanan dengan mereka. Bukan, bukan hanya mempengaruhi karakter dan kepribadian saya. Dan bukan hanya mendapatkan banyak teman dan keluarga baru. Tetapi terlebih lagi adalah pengalaman dan memori yang luar biasa, yang membuat masa - masa kuliah saya menjadi salah satu bagian terindah dalam hidup saya. Segala kesibukan, pengorbanan, rasa capek, konflik, penat, hingga tawa canda saat menjalani masing - masing dari kegiatan tersebut selama beberapa bulan sampai akhirnya berhasil melewati dan menyelesaikannya, adalah suatu kebahagiaan tersendiri buat saya. Dan kali ini lagi - lagi saya termasuk salah satu orang yang beruntung karena ternyata dengan lolos seleksi sebuah program beasiswa, saya bukan hanya mendapatkan kesempatan untuk merealisasikan mimpi saya, tetapi juga kesempatan untuk mendapatkan sebuah kebahagiaan yang sudah sempat saya lupakan selama kurang lebih empat tahun belakangan ini, serta kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang - orang baru yang menginspirasi saya



Pernah enggak sih kalian punya banyak hal yang ingin diungkapkan, tapi enggak tau harus mulai darimana? Itu yang saya rasakan sejak minggu lalu ketika mulai menulis tentang kegiatan Persiapan Keberangkatan (PK), sebuah kegiatan pembekalan yang diadakan untuk para penerima beasiswa LPDP sebelum mereka mulai kuliah dan berangkat ke negara tujuan studi masing - masing. Entah udah berapa kali saya edit postingan ini karena setiap kali membaca ulang tulisan yang dibuat rasanya masih enggak pas di hati. Sebenarnya begitu banyak hal yang ingin saya tulis tapi saya bingung bagaimana menceritakannya. Kalau saya ceritakan semuanya, bisa - bisa postingan ini jadi rekor postingan terpanjang di blog saya, saking banyaknya hal yang ingin diceritakan :)) 

Dari yang awalnya kesal karena disibukkan oleh berbagai tugas yang hampir selalu diberikan setiap minggu selama tiga bulan sebelum kegiatan PK dimulai, yang jumlah tugasnya melebihi ospek mahasiswa baru, yang bukan cuma menyita pikiran tapi juga membuat hp saya hampir error karena setiap harinya jumlah chat di beberapa grup WhatsApp - yang dibuat khusus untuk kegiatan ini - pasti selalu ratusan bahkan pernah sampai seribu (!). Dari yang awalnya merasa apatis dengan angkatan karena merasa euphoria dan semangat buat menjalani kegiatan semacam ini jelas udah lewat masanya bagi angkatan tua seperti saya. Dari yang awalnya merasa malas mengikuti PK dan pengen cepat - cepat selesai karena udah capek menghadapi berbagai tugas dan berbagai drama *upsss* yang melanda selama kegiatan pra-PK. Sampai akhirnya tepat sebulan yang lalu saya baru benar - benar merasakan bahwa acara PK ini adalah salah satu hal terbaik yang saya dapatkan di tahun ini. 



Dimasukkan ke dalam satu angkatan dengan 120 orang dari berbagai penjuru daerah di Indonesia, menjalani berbagai perjuangan bersama mereka selama tiga bulan lebih, hingga kemudian dipertemukan selama enam hari di satu tempat, lalu kembali melanjutkan perjuangan sampai hari penutupan acara itu rasanya seperti diberikan suntikan semangat ke dalam kehidupan saya (duh, ini bahasanya terdengar berlebihan banget ya hahaha). But it truly comes from the most honest part of myself. Rasanya udah lama banget sejak terakhir kali saya bertemu dengan sekumpulan orang - orang yang bisa membuat saya nyaman untuk menyapa dan mengajak ngobrol duluan (biasanya kalo di lingkungan baru saya cenderung menunggu disapa dan diajak ngobrol, haha!). Orang - orang yang hobinya bikin ketawa mulu karena berbagai kelakuannya yang aya - aya wae, yang bikin gemes pihak panitia karena susah diatur, yang kalo dari pembawaannya enggak keliatan bahwa mereka itu sebenarnya adalah orang - orang hebat yang memiliki keunggulan di bidangnya masing - masing, yang membuat saya sempat minder sekaligus terkagum - kagum, yang berhasil menyadarkan saya untuk terus bisa menjadi seseorang yang lebih baik supaya enggak kalah hebat dari mereka, dan yang bikin saya susah move on padahal udah sebulan dari sejak acara PK berlangsung. 


Iya, semua rasa kesal yang saya rasakan di awal kegiatan pra-PK akhirnya hilang tanpa bekas. Justru saya enggak bisa membayangkan apa yang terjadi seandainya enggak ada kegiatan pra-PK, seandainya kami semua langsung dikumpulkan selama enam hari tanpa ada perkenalan, komunikasi dan perjuangan melalui WhatsApp dan kopdar, seandainya kegiatan PK enggak sepadat itu hingga membuat jatah tidur hanya 10 jam selama enam hari, seandainya saya enggak ditunjuk jadi koordinator video angkatan, seandainya teman - teman satu tim videografer enggak bisa diajak kerjasama dengan baik, seandainya dua teman video editor saya enggak se-woles dan enggak punya sense of humor dan editing taste yang sama seperti saya, seandainya teman - teman angkatan saya bukan orang - orang yang saya temui sekarang, seandainya enggak ada pembicara yang sangat menginspirasi seperti Pak Ucok dan Bu Corina, seandainya enggak ada acara outbond ke Bandung, seandainya panitia yang sedang in-charge bukanlah panitia yang saya temui sekarang. Seandainya semua itu enggak ada, mungkin enam hari ini enggak akan sangat mengesankan dan meninggalkan kesan mendalam untuk saya. Terima kasih kepada para panitia yang telah merancang semua kegiatan PK-43 ini, dan tentunya Jivakalpa yang telah menjadi sebuah angkatan yang sangat menyenangkan :')


"Kejahatan PK adalah ketika mempertemukan kita sebagai orang asing dari seluruh Indonesia, lalu memisahkan kita ke seluruh penjuru dunia disaat kita sudah merasa sebagai satu keluarga." 

(Mohammad Kamilludin)

4 comments:

  1. ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Wah sebuah keluarga baru memang berkah. :)
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬

    ReplyDelete
  2. Senang bertemu dan bisa berkenalan dengan mu mbak Ozu. Keep inspiring!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaa mba Rinaaa! Aku juga senangg bisa mengenalmu :') Kutunggu postingan - postingan baru di blog kamu yaa mbaa :D

      Delete