November 22, 2015

#ROH 7 : Listening Happy Playlist

Harus saya akui walaupun saya enggak berbakat dalam bidang musik (dari kecil hingga kuliah sempat bolak balik les piano, tapi tetep aja enggak lancar mainnya sampai sekarang. haha!), hidup dan kebahagiaan saya banyak bergantung pada hal yang satu ini, yaitu melalui lagu yang saya dengarkan. Bisa dibilang hampir tiap hari pasti saya dengerin lagu. Entah saat di perjalanan menuju kantor, saat membereskan kerjaan, sambil memasak, saat mengedit foto, dan belakangan ini saya lagi seneng banget dengerin musik sambil mandi terus ikutan nyanyi. Rasanya bikin mood saya langsung semangat di pagi hari gitu! Musik juga bisa memberikan pengaruh sangat signifikan terhadap beberapa kegiatan yang sedang saya lakukan. Misalnya seperti saat sedang lari atau olahraga, dalam perjalanan yang jauh, menulis, mengedit video dan membereskan kamar. Tanpa mendengarkan musik di saat melakukan hal - hal tersebut sama saja seperti makan kue tanpa disertai segelas minuman hangat. Kurang nikmat rasanya.


Kalau buku dan film bisa membawa saya ke kehidupan lain dengan berbagai cerita dari si pengarangnya, musik dengan sangat mudahnya membawa saya ke pikiran dan dunia saya sendiri. Apalagi kalau lagi enggak melakukan suatu kegiatan, saya pasti mudah banget terbawa, entah ke masa lalu, hal - hal yang sedang mengganjal di pikiran (biasanya pemikiran tertentu yang belum saya tuangkan ke dalam tulisan), atau dunia imajinasi saya (dulu saya sering banget punya ide buat menulis cerpen karena mendengarkan lagu - lagu tertentu). Bahkan ketika saya sedang mencoba untuk memahami lirik sebuah lagu, tanpa disadari di tengah - tengah sedang mendengarkan lagu tersebut, pikiran saya udah entah kemana dan ketika saya kembali sadar, playlist-nya udah berganti :)) Makanya saya termasuk orang yang sering enggak hafal lirik lagu, meskipun udah puluhan kali saya putar sekalipun. HAHA. Mungkin karena saya juga tipe orang yang bisa senang dengan suatu lagu bukan karena liriknya yang merepresentasikan kondisi saya atau yang bisa menyemangati saya, tapi justru chemistry yang saya dapat dari nada dan irama lagu tersebut.  Enggak heran ketika saya buat sebuah playlist yang lagi sering saya dengar, lagu - lagu yang ada di dalam playlist tersebut bisa random banget baik dari tema-nya maupun penyanyinya. Mulai dari yang tema percintaan, persahabatan, hidup sampai tema yang abstrak sekalipun. Begitu juga dengan penyanyi-nya, mulai dari band indie yang jarang diketahui oleh banyak orang sampai yang lagunya sering diputar di stasiun radio kesayangan anda *lol*.


Oh iya, bagi kamu yang lagi bosen dengerin lagu yang itu - itu aja, tapi bingung mau nyari lagu baru dimana, coba buka 8tracks deh. Sejak tiga tahun yang lalu, website ini jadi salah satu referensi saya untuk mencari lagu - lagu asik (terutama lagu - lagu indie) melalui playlist yang dibuat oleh orang lain sekaligus sebagai tempat untuk menyimpan playlist yang saya buat. Seperti belakangan ini ada beberapa lagu yang lagi senang banget saya dengarkan. Selalu berhasil membuat saya tenang dan kembali bersemangat ketika mendengarkannya :)

2 comments:

  1. Hai Nazura...

    Thank you much for sharing your playlist. Really need the songs at the moment. Udah sibuk kerja, sangat jarang terkeskpos dengan kekinian, ini aja baru sempet visit blog kamu lagi. Hehehe... Makasih yaa...

    Love,
    Anneis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Anneis! waah senangnyaa playlist-ku bisa berguna hehehe. makasih ya mbaa udah baca blog akuu. tetap semangat kerjanyaa :D

      Delete