November 26, 2015

#ROH 9 : Writing

Sadar atau enggak, ada hal yang berbeda ketika melihat beberapa postingan blog saya belakangan ini. Yap, saya lebih bawel dari biasanya, alias isi blog saya didominasi oleh tulisan dibandingkan foto. Udah gitu panjang - panjang pula tulisannya! Hehehhe. Yaaa, walaupun sebelum ini saya masih aktif menulis di blog (menulis loh ya, bukan hanya sekedar membuat postingan), tapi intensitasnya jauuuh lebih meningkat sebulan belakangan ini. Entah karena mood saya yang lagi enggak karuan saat beberapa bulan kemarin sehingga mempengaruhi semangat buat menulis juga; atau saya yang sebenarnya merasa jenuh kebanyakan menulis dan melihat postingan di blog saya yang itu - itu aja; atau memang karena belakangan ini sedang banyak hal yang menarik untuk diceritakan; yang jelas semangat saya untuk menulis lagi menggebu - gebu sekali. Ini semakin saya rasakan terutama sejak membuat postingan tentang Reproduction Of Happiness (ROH). Kayanya selalu adaaa ajaaa pikiran yang tiba - tiba muncul untuk dituangkan ke dalam tulisan. Saking semangatnya menulis, sejauh ini udah ada 25 topik #ROH yang mana (baru) sembilan topik yang sudah published dan lima topik yang masih berupa draft karena belum selesai ditulis. Maklum, bagi saya menulis itu sangat tergantung mood & feeling. Kalau dari awal udah enggak ada kedua hal ini, mau saya berusaha seperti apapun juga tetap aja enggak akan bisa menulis. Malahan kalau tetap dipaksa menulis, mood saya jadi memburuk. Saya juga sering banget mengalami "pergantian mood" ketika menulis. Misalnya, ketika niat awal saya ingin menulis tentang topik A, malah akhirnya menulis topik B karena saat itu mendadak mood saya lebih cenderung di topik B. Lalu ketika udah stuck menulis tentang topik B, tiba - tiba dapat mood buat menulis topik C. Hal ini jugalah yang menyebabkan: 1. baru sedikit tulisan yang saya buat, padahal begitu banyak ide yang sudah mengendap di pikiran saya; 2. banyak topik yang masih belum selesai karena terlalu banyak hal yang ingin saya sampaikan, tapi enggak bisa langsung semuanya saya keluarkan; 3. tulisannya baru saya muat di blog padahal kegiatannya sudah berlangsung dari beberapa minggu, bulan, bahkan tahun sebelumnya.  Belum lagi setiap kali saya menulis sesuatu pasti saya harus baca dan edit berulang kali sebelum saya posting di blog. Walaupun seringkali tulisan yang sudah published pasti saya perbaiki lagi karena ada kesalahan kecil yang terlewat :))


Terkadang gemes juga sih saat punya banyak ide dan semangat buat menulis. Bukannya apa - apa, sejak semangat menulis saya jadi meningkat, intensitas saya untuk melakukan kegiatan lain jadi berkurang karena pikiran saya yang lebih tertuju untuk menulis. Kalau biasanya selama 45 menit perjalanan di kereta menuju kantor dan kembali ke tempat tinggal saya dihabiskan dengan membaca buku, sekarang saya gunakan untuk menulis di aplikasi blogger atau notes di hp saya. Begitu juga waktu senggang saya yang biasanya dialokasikan untuk melakukan berbagai kegiatan lain, sekarang saya lebih sering membuka laptop untuk menuangkan isi pikiran saya. Bahkan ketika sudah mengantuk sekalipun, saya masih menyempatkan diri untuk menulis dan ujung - ujungnya rela mengulur waktu tidur hanya karena ingin memenuhi hasrat menulis (seperti sekarang saya baru menyelesaikan postingan ini hingga pukul 01.30, padahal niat awalnya tidur pukul 22.30). Soalnya kalau enggak segera saya tuangkan ke dalam tulisan, biasanya pikiran - pikiran tersebut menghantui saya dan akhirnya malah jadi enggak bisa tidur, atau malah sampai terbawa mimpi karena masih kepikiran terus. HA! Oh well, semoga aja kebawelan saya enggak membuat kalian kapok untuk mampir ke blog ini yaaa! :)

You don’t have to be miserable to write. You do it because you have to. Because it gnaws away at your insides if you try to ignore it. Because if you don’t write, you might as well be dead.
           (Jane Lockhart, Not Another Happy Ending)

3 comments:

  1. Panjangnya menurutku ga masalah mbak.. tp itu fontnya, boleh agak diperbesar gak? :D *pembaca bawel*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah langsung aku perbesar font nya mbaa. Makasih yaa buat masukannya :D

      Delete
  2. bagus tks yea.

    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete